Erabaru.net. Seorang dokter bedah di Tiongkok telah mengangkat lebih dari 50 belatung hidup dari luka bernanah pada wajah seorang wanita berusia 97 tahun dalam kasus yang sangat langka.

Wanita tua yang tidak disebutkan namanya diyakini telah secara tidak sengaja memecahkan tumor kulit di pipi kirinya yang disebabkan oleh kanker kulit sel skuamosa.

(Foto: Image: AsiaWire)

Seekor lalat kemudian berhasil bertelur di luka terbuka yang menyebabkan infestasi.

Wanita itu diterima di Rumah Sakit Qilu Universitas Shandong di Provinsi Shandong, Tiongkok Timur.

Dokter Liu Chao, yang memimpin bedah mulut dan rahang atas kasus itu, mengatakan: “Ketika dia masuk, lukanya ditutupi dengan kain kasa. Saya melepaskannya dan melihat 50 hingga 60 belatung menggeliat.”

(Foto: Image: AsiaWire)

Liu dan timnya membersihkan luka bernanah dari jaringan mati dan menyingkirkan puluhan spesimen hidup dari pipi wanita itu.

Dia menambahkan: “Selama operasi pada 7 Oktober, kami menemukan lubang yang lebih besar di dalam wajahnya.

(Foto: Image: AsiaWire)

“Kami juga membersihkan luka itu dengan sangat hati-hati, menggunakan mikroskop, tetapi ada kemungkinan bahwa banyak belatung yang lebih kecil masih tersisa.”

Dokter mengatakan, wanita tua itu akan terus diawasi jika dia memerlukan perawatan lebih lanjut.

(Foto: Image: AsiaWire)

Menjelaskan bagaimana wanita itu bisa menderita infestasi semacam itu, Liu mengatakan: “Saya tidak pernah menemukan kasus seperti ini sebelumnya. Beberapa kolega dan profesor saya yang lebih senior mengatakan bahwa kasus-kasus ini lebih umum terjadi pada usia 50-an dan 60-an.

(Foto: Image: AsiaWire)

“Ada kemungkinan bahwa setelah tumor di wajahnya pecah, itu mengungkapkan jaringan lunak di dalamnya yang cukup untuk mengembangkan parasit.

“Tetapi ini juga mengharuskan lalat bertelur di tempat yang tepat pada saat yang tepat, memungkinkan larva menetas ke dalam luka.

“Maka lukanya pasti tertutup, kalau tidak telur-telur itu bisa tersapu bersih.

“Saya percaya situasinya disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor di atas. Ditambahkan bahwa usia lanjut dan ketidakmampuan tubuhnya untuk mengusir parasit.”(yant)

Sumber: Mirror

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular