Kunjungan Menteri Pertahanan AS ke Vietnam Bertujuan Melawan Pengaruh Tiongkok

WASHINGTON – Dengan melakukan perjalanan kedua yang langka tahun ini ke Vietnam, Menteri Pertahanan Jim Mattis sedang memberi isyarat betapa intensifnya pemerintahan Trump mencoba melawan keagresifan militer Tiongkok dengan mendampingi negara-negara yang lebih kecil di kawasan tersebut yang berbagi kekhawatiran tentang tujuan-tujuan Tiongkok.

Kunjungan yang dimulai pada 16 Oktober juga menunjukkan sejauh mana hubungan AS-Vietnam telah maju sejak tahun-tahun yang penuh gejolak Perang Vietnam.

Mattis, seorang pensiunan jenderal yang memasuki Korps Marinir selama Vietnam tetapi tidak bertugas di sana, telah mengunjungi Hanoi pada bulan Januari. Secara kebetulan, kunjungan tersebut terjadi hanya beberapa hari sebelum peringatan ke-50 Serangan Tet (Tet Offensive), dalam Perang Vietnam, sebuah serangan yang diluncurkan pada Januari – Februari 1968 oleh Vietcong (anggota gerakan komunis guerrilla) bersama tentara Vietnam Utara. Waktu tersebut bertepatan dengan hari pertama Tet (Tahun Baru Vietnam), itu adalah serangan mendadak di kota-kota Vietnam Selatan, terutama Saigon. Meskipun dipukul mundur setelah keberhasilan awal, serangan tersebut mengejutkan dan menggoyahkan kepercayaan AS dan mempercepat penarikan pasukannya, serta menumbuhkan sentimen anti perang meskipun serangan Korea Utara telah berubah menjadi kegagalan militer yang telah direncanakan.

Tiga bulan setelah kunjungan Mattis, kapal induk Angkatan Laut AS, USS Carl Vinson, membuat kunjungan pelabuhan di Da Nang. Ini adalah kunjungan pertama semenjak perang dan pengingat untuk Tiongkok bahwa AS bermaksud memperkuat kemitraan di wilayah tersebut sebagai penyeimbang kekuatan militer Tiongkok yang semakin berkembang.

Ekspresi kenekatan Tiongkok yang paling jelas adalah mengubah pulau-pulau kecil yang diperebutkan dan fitur-fitur lainnya di Laut China Selatan menjadi pos-pos militer strategis. Pemerintahan Trump telah dengan tajam mengkritik Tiongkok karena menggelar rudal permukaan ke udara dan senjata lainnya di beberapa pos terdepan tersebut. Pada bulan Juni, Mattis mengatakan penempatan senjata-senjata ini “berkaitan langsung dengan penggunaan militer untuk tujuan intimidasi dan paksaan.”

Kali ini Mattis mengunjungi Kota Ho Chi Minh, kota terpadat di Vietnam dan pusat ekonominya. Dikenal sebagai Saigon selama periode sebelum komunis mengambil alih Republik Vietnam Selatan pada tahun 1975, kota tersebut diganti dengan nama orang yang telah memimpin gerakan nasionalis Vietnam.

Mattis juga berencana mengunjungi pangkalan udara Vietnam, Bien Hoa, stasiun udara utama bagi pasukan Amerika selama perang, dan bertemu dengan menteri pertahanan, Ngo Xuan Lich.

Kunjungan tersebut dilakukan di tengah transisi kepemimpinan setelah kematian presiden Vietnam, Tran Dai Quang, pada bulan September. Awal bulan ini, Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam menominasikan sekretaris jenderal, Nguyen Phu Trong, untuk jabatan tambahan presiden. Dia diharapkan akan disetujui oleh Dewan Nasional.

Meskipun Vietnam telah menjadi tujuan yang sering dilakukan bagi sekretaris pertahanan Amerika, dua kunjungan dalam satu tahun tidak biasa, dan kota Ho Chi Minh jarang ada di dalam rencana perjalanan. Kepala Pentagon terakhir yang mengunjungi Ho Chi Minh adalah William Cohen pada tahun 2000; dia adalah sekretaris pertahanan AS pertama yang mengunjungi Vietnam sejak perang berakhir. Hubungan diplomatik formal pulih pada tahun 1995 dan AS telah mencabut embargo senjata era perangnya pada tahun 2016.

Perjalanan Mattis awalnya adalah untuk memasukkan rencana kunjungan ke Beijing, tetapi dibatalkan di tengah meningkatnya ketegangan atas masalah-masalah perdagangan dan pertahanan. Baru-baru ini Tiongkok menolak permintaan untuk kunjungan pelabuhan Hong Kong oleh kapal perang Amerika, dan musim panas lalu Mattis membatalkan undangan untuk Tiongkok dalam latihan maritim utama di Pasifik. Tiongkok pada bulan September membatalkan kunjungan Pentagon dengan pimpinan angkatan lautnya dan menuntut agar Washington membatalkan penjualan senjata ke Taiwan.

Ketegangan-ketegangan ini telah berfungsi untuk menonjolkan potensi kemitraan AS yang lebih kuat dengan Vietnam.

Josh Kurlantzick, seorang rekan senior dan spesialis Asia di Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Vietnam dalam beberapa tahun terakhir telah mengubah dari sebuah kebijakan luar negeri dan pertahanan yang dengan hati-hati menyeimbangkan hubungan dengan Tiongkok dan Amerika Serikat menjadi mengubah mengarah ke salah satu untuk Washington.

“Saya melihat Vietnam sangat sejalan dengan beberapa kebijakan Trump,” katanya, mengacu pada apa yang disebut pemerintah sebagai “strategi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.” Ini menekankan memastikan semua negara di kawasan ini bebas dari paksaan dan menjaga jalur laut, terutama Laut China Selatan yang diperebutkan, terbuka untuk perdagangan internasional.

“Vietnam, mengesampingkan Singapura, adalah negara yang paling skeptis terhadap kebijakan Tiongkok terhadap Asia Tenggara dan menjadikan mitra paling alami bagi AS,” kata Kurlantzick.

Kedekatan Vietnam dengan Laut China Selatan membuatnya menjadi pemain penting dalam perselisihan dengan Tiongkok atas klaim teritorial terhadap pulau-pulau kecil, beting dan formasi-formasi daratan kecil lainnya di wilayah laut tersebut. Vietnam juga pernah melakukan perang perbatasan dengan Tiongkok pada tahun 1979.

Secara tradisi kewaspadaan terhadap tetangga utaranya yang sangat besar, Vietnam berbagi sistem pemerintahan satu partai di Tiongkok. Vietnam semakin menindak para pembangkang dan koruptor, dengan sejumlah pejabat tinggi dan eksekutif dipenjara sejak 2016 atas tindakan Trong.

Perubahan ekonomi skala luas selama 30 tahun terakhir telah membuka Vietnam untuk investasi dan perdagangan luar negeri, dan menjadikannya salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Namun Partai Komunis tersebut tidak mentoleransi tantangan terhadap aturan satu partai-nya. Meski begitu, pemerintahan Trump telah membuat upaya fokus untuk mendekat ke Vietnam.

Ketika dia meninggalkan Hanoi pada bulan Januari, Mattis mengatakan kunjungannya memperjelas bahwa orang Amerika dan Vietnam memiliki kepentingan yang sama dalam beberapa kasus sebelum periode kegelapan Perang Vietnam.

“Kami berdua tidak suka dijajah,” katanya. (ran)

Rekomendasi video:

Siaran TV dan Radio Dibatasi, Buku Sekolah Diperiksa Rezim Tiongkok

https://www.youtube.com/watch?v=DR7miuaHlPw