Erabaru.net. Banyak orangtua melihat anak-anak mereka mengupil dan mengatakan kepada mereka untuk menghentikan itu – dan karena itu menjijikkan.

Meskipun mungkin tidak higienis dan bahkan sedikit memalukan jika anak-anak Anda mengupil di tempat umum, sebagian besar ibu dan ayah menganggap kebiasaan itu relatif tidak berbahaya.

Tapi ternyata menggupil bisa menyebarkan bakteri berbahaya yang menyebabkan pneumonia, demikian penelitian baru memperingatkan.

Inilah alasannya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan itu.

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Respiratory Journal, menunjukkan bahwa penularan pneumonia dapat terjadi melalui kontak antara hidung dan tangan saat terkena bakteri.

Peneliti menemukan bahwa bakteri menyebar pada tingkat yang sama baik kering atau basah, atau apakah orang mengupil atau bahkan hanya menggosok hidung mereka.

Ini adalah hal yang menakutkan, karena pneumonia adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia dan diperkirakan bertanggung jawab atas 1,3 juta kematian pada anak-anak di bawah usia lima tahun.

Meskipun sangat sulit untuk membuat anak-anak Anda untuk menghentikan kebiasaan yang tidak baik itu, para peneliti memiliki beberapa saran sederhana yang dapat mencegah penyebaran bakteri mematikan tersebut.

“Bagi orangtua, karena penelitian ini menunjukkan bahwa tangan cenderung menyebarkan radang paru-paru, ini mungkin penting ketika anak-anak berhubungan dengan kerabat lansia atau kerabat dengan sistem kekebalan yang berkurang,” kata pemimpin peneliti Dr. Victoria Connor, seorang peneliti klinis Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital..

“Dalam situasi ini, memastikan kebersihan tangan yang baik dan pembersihan mainan atau permukaan mungkin akan mengurangi transmisi, dan mengurangi risiko terkena infeksi pneumokokus seperti pneumonia.”

Jadi pada dasarnya, menjaga kebersihan tangan dan mainan mereka meminimalkan risiko – yang seharusnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan dengan beberapa tisu antibakteri atau gel.

Dr. Connor juga mengatakan bahwa “mungkin tidak realistis” untuk membuat anak-anak berhenti mengupil dan menggosok hidung mereka sepenuhnya – tetapi kehadiran bakteri dapat membantu “meningkatkan sistem kekebalan” anak-anak dan “mengurangi risiko” dari mereka mendapatkan penyakit. di kemudian hari.

“Yang jelan benar-benar mengurangi penyebaran pneumococcus pada anak-anak adalah hal terbaik,” tambahnya.(yant)

Sumber: Mirror

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular