Pertumbuhan Pasar Robot Tiongkok Merosot Akibat Perang Dagang

TOKYO — Penjualan robot-robot industri di Tiongkok, pasar terbesar dunia, akan tumbuh tahun ini hanya sekitar sepertiga tahun lalu sejak peningkatan perang perdagangan Tiongkok-AS memukul pengeluaran untuk pembelian peralatan, kelompok robot global mengatakan pada 18 Oktober.

Federasi Internasional Robotika (IFR) dalam laporan tahunannya memperkirakan permintaan Tiongkok untuk robot akan tumbuh 15-20 persen tahun ini setelah melonjak 59 persen menjadi 137.920 unit tahun lalu.

Dengan Tiongkok menguasai 36 persen pasar robot global dan dengan volume penjualan melebihi total gabungan Eropa dan Amerika, melambatnya pertumbuhan permintaan di negara Asia tersebut juga berdampak pada permintaan global.

IFR, yang menyatukan hampir 60 pemasok robot global dan integrator, memprediksi penjualan robot industri di seluruh dunia tahun ini akan tumbuh 10 persen dibandingkan dengan 30 persen tahun lalu.

Karena perang dagang, banyak pabrikan global “sekarang dalam mode menunggu dan melihat, bertanya-tanya apakah akan mengalihkan produksi (jauh dari Tiongkok) ke, katakanlah, Vietnam atau Amerika Serikat,” kata Presiden IFR Junji Tsuda kepada Reuters dalam wawancara.

Pasar robot Tiongkok telah menikmati untung tahun lalu dari otomatisasi yang dipercepat di pabrik ponsel pintar dan mobil. Para pemasok asing, pembuat robot terutama Eropa dan Jepang, menyumbang 75 persen dari penjualan robot di Tiongkok, termasuk yang diproduksi secara lokal.

“Pada awal tahun 2018, permintaan untuk robot dari Tiongkok kehilangan dorongan dibandingkan dengan peningkatan penjualan yang sangat besar pada paruh pertama tahun 2017,” kata IFR dalam laporannya.

Tsuda, juga ketua Yaskawa Electric Corp Jepang, mengatakan para produsen akan keluar dari kondisi wait and see pada akhir tahun ini.

Ini akan memakan waktu cukup lama bagi arah perang dagang untuk menjadi jelas, kata Tsuda. “Namun permintaan global untuk smartphone, semikonduktor dan otomotif telah solid, dan waktu akhirnya akan tiba bahwa mereka tidak dapat menunggu lagi dan akan melanjutkan investasi untuk memenuhi permintaan tersebut.”

Yaskawa, salah satu produsen robot top dunia, pekan lalu memangkas perkiraan laba operasi tahunannya menjadi 59 miliar yen ($524,40 juta) dari 65,5 miliar yen, mengutip penurunan permintaan terkait smartphone di Tiongkok dan meningkatnya kewaspadaan atas sengketa perdagangan.

Mulai tahun depan dan seterusnya, bagaimanapun, IFR mengharapkan pertumbuhan pasar robot global untuk pulih kembali, meramalkan peningkatan rata-rata 14 persen per tahun hingga 2021.

Ketakutan yang diperbarui dari dampak ekonomi yang meluas dari konflik perdagangan mengirim indeks saham acuan Tiongkok ke posisi terendah empat tahun pada 18 Oktober, menyeret saham Yaskawa, Fanuc Corp dan perusahaan Asia lainnya dengan eksposur pasar Tiongkok yang besar.

Saham Yaskawa ditutup 7,8 persen dan Fanuc turun 4,1 persen di Bursa Efek Tokyo. (ran)

(US$ 1 = 112.5100 yen)

Rekomendasi video:

Strategi Siber Trum Melawan Spionase Siber

https://www.youtube.com/watch?v=TPt8j9ojqPI