Sebuah stasiun radio utama berbahasa Spanyol di Meksiko, dengan ukuran daya listrik (watt) yang cukup untuk dapat didengar di wilayah-wilayah luas di seberang perbatasan di California Selatan, baru-baru ini telah dibeli oleh sebuah entitas yang memiliki hubungan dengan jaringan televisi pro-Beijing, yang meningkatkan kekhawatiran bahwa stasiun tersebut akan segera memancarkan propaganda rezim Tiongkok ke Amerika Serikat dan Meksiko.

Menurut pengajuan FCC publik (Komisi Komunikasi Federal), stasiun radio AM XEWW 690 yang berbasis di Tijuana telah dibeli oleh perusahaan investasi New York, H&H Group, pada pertengahan Juli.

“Peminang tersebut mengusulkan untuk menyediakan berbagai program Tiongkok berbahasa Mandarin,” menurut pengarsipan, “termasuk musik, hiburan, laporan cuaca, laporan lalu lintas lokal (Los Angeles), dan berita komunitas Tionghoa lokal.”

Karena XEWW adalah stasiun radio Meksiko, pembelian tidak memerlukan persetujuan FCC. Namun, FCC harus menyetujui pengalihan hak transmisi dari pemilik stasiun sebelumnya, GLR Services, kepada pemilik barunya.

Menurut peta cakupan oleh Radio Locator, pendengar potensial XEWW mencakup sebagian besar California Selatan. Ada populasi besar Tionghoa di pusat Los Angeles dan San Diego.

Dari hasil penelusuran latar belakang H&H Group terungkap hubungannya dengan Phoenix TV, media penyiaran berbasis di Hong Kong yang dimiliki oleh mantan perwira militer Tiongkok dan memiliki hubungan dekat dengan pejabat-pejabat Beijing.

Sarah Cook, seorang ahli Tiongkok di kelompok hak asasi manusia Freedom House, mengatakan kepada Kongres AS pada Mei 2017 kesaksian bahwa Phoenix TV adalah “contoh dari outlet propaganda Tiongkok yang tidak dimiliki secara langsung oleh pemerintah Beijing.” Media penyiaran negara Tiongkok, CCTV, memiliki 10 persen saham di Phoenix.

Saham mayoritas H&H, 97 persen, tepatnya, dipegang oleh Vivian Huo, warga negara AS yang telah dinaturalisasi asli Beijing. Di situs web perusahaan tersebut, Jackie Pang terdaftar sebagai penasihat senior. Dia, menurut halaman LinkedIn-nya, produser dan pembawa acara program berita keuangan di Phoenix TV.

stasiun radio meksiko XEWW 690
Jackie Pang, pembawa acara program berita keuangan TV Phoenix, dalam klip video tahun 2014 yang diunggah oleh penyiar yang berbasis di Hong Kong. (Screenshot via YouTube)

Selain itu, di bagian pengajuan FCC yang menanyakan di mana program akan bermula, alamat yang tercantum, “3810 Durbin Street, Irwindale, CA, 91706,” adalah tempat kantor TV Phoenix di AS.

Ketika Washington Free Beacon menghubungi Huo untuk bertanya tentang hubungan H&H dengan Phoenix TV, dia menjawab: “Kami memiliki kantor sewa di gedung Phoenix. Itu saja.”

Phoenix tidak akan terlibat dalam pembuatan program untuk stasiun radio, Huo mengatakan kepada Washington Free Beacon.

Surat kabar tersebut juga menghubungi Pang, yang mengatakan dia tidak terlibat dalam kesepakatan radio. Namun, dia tidak menjawab ketika ditanya apakah dia masih dipekerjakan oleh Phoenix.

Sebuah iklan rekrutmen yang ditempatkan oleh cabang TV Phoenix di WeChat, platform media sosial populer, mencari “produser program, pembawa cerita, pembawa acara, dan manajer penjualan iklan” untuk “AM 690, Phoenix U Radio.”

stasiun radio AM XEWW 690 dibeli cina tiongkok
Iklan perekrutan Phoenix TV di WeChat. (The Epoch Times)

Stasiun radio lokal di California tidak percaya dengan penyangkalan-penyangkalan H&H. Pada 8 Agustus, Chinese Sound of Oriental dan West Heritage, yang menyiarkan program berbahasa Mandarin di daerah dekat Walnut, California, melalui stasiun radio FM KQEV-LP, mengajukan petisi kepada FCC untuk menolak persetujuan pengalihan kepemilikan transmisi tersebut. Ia menyatakan bahwa sinyal kuat XEWW dapat bersaing dengan pemrograman KQEV, yang mengakibatkan “kehilangan pendengar dan sumbangan-sumbangan yang signifikan.” Selain itu, pengalihan kepemilikan tersebut “dapat memungkinkan pemerintah Tiongkok untuk menyediakan program-program propaganda sendiri untuk disiarkan di stasiun tersebut.”

Winston Xia, presiden Sound of Oriental and West Heritage, mengatakan hubungan XEWW dengan Phoenix TV menunjukkan bahwa rezim Tiongkok akan segera dapat melanggar kebebasan berbicara di gelombang udara AS.

“Melalui menggunakan perusahaan yang terdaftar di Amerika, ia mengimpor banyak [propaganda],” katanya.

Departemen Kehakiman AS sekarang sedang menyelidiki kesepakatan XEWW setelah mengetahui kemungkinan hubungan-hubungannya dengan Phoenix TV, Washington Free Beacon melaporkan, mengutip sumber-sumber pemerintah.

Pemerintah AS sedang meningkatkan upaya untuk melawan kampanye pengaruh asing. Senator AS, Marco Rubio (R-Fla.), yang awal tahun ini memperkenalkan undang-undang untuk mewajibkan Institut-institut Konfusius yang didanai rezim Tiongkok untuk mendaftar sebagai agen asing pada otoritas pemerintah, sekarang sedang merencanakan RUU untuk mewajibkan semua media yang diarahkan atau dimiliki oleh entitas-entitas negara Tiongkok untuk mendaftar sebagai agen asing. (ran)

Rekomendasi video:

Strategi Siber Trum Melawan Spionase Siber

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds