Erabaru.net. Kita sering mendengar perusahaan di Jepang mempraktikkan disiplin tinggi untuk menjaga kualitas kerja dan tingkat efisiensi pekerja. Tetapi sebuah perusahaan di Osaka, Jepang mengambil pendekatan yang berbeda dengan mempraktikkan prinsip dan motto yang bekerja dengan aturan yang berbunyi,: ‘Jangan lakukan pekerjaan jika Anda tidak suka mengerjakannya’.

Lima tahun yang lalu, sebuah perusahaan pengolahan udang bernama Perusahaan Makanan Laut Papua Nugini di Osaka harus merestrukturisasi departemen manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan dan mengurangi biaya. Namun, manajemen perusahaan tidak membuang karyawan, tetapi malah memperkenalkan konsep jadwal kerja baru yang unik.

(Foto: Soranews24)

Karyawan di perusahaan ini telah diminta untuk membuat aturan kerja sendiri, dengan datang bekerja dan menghabiskannya pada waktu mereka sendiri dan mereka dapat mengambil cuti tanpa memberi tahu manajemen. Yang penting adalah bahwa karyawan harus memberi tahu manajemen mereka tentang lamanya waktu mereka bekerja dengan menulis dan menandainya di papan tulis yang disediakan sebelum mereka pulang.

Mungkin aturan bekerja di perusahaan tampak agak aneh dan mengekspos perusahaan ke risiko kerugian, karena jika perusahaan tidak memaksa pekerja untuk datang bekerja, ada kemungkinan bahwa semua karyawan tidak akan bekerja secara bersamaan pada satu waktu.

(Foto: Soranews24)

Pendekatan yang diadopsi oleh Perusahaan Makanan Laut Papua Nugini dengan memberikan kepercayaan penuh dan kemandirian kepada karyawan untuk mengelola jam kerja mereka sendiri telah menghasilkan peningkatan produktivitas dan biaya manajemen perusahaan telah berkurang hingga 30 persen.

(Foto: Soranews24)

Perusahaan pengolahan udang dan makanan laut ini telah mempraktekkan pendekatan yang unik ini selam lima tahun dan kinerja perusahaan stabil dengan hanya menghadapi kejadian masalah ketidakhadiran pekerja secara bersamaan 2 kali. Manajemen mengatakan, lebih banyak pekerja yang datang bekerja pada hari yang sama daripada libur pada hari yang sama.

Mengapa para pekerja benar-benar mempertahankan pekerjaan mereka di perusahaan ini? Alasannya, perusahaan membuat aturan yang perlu diikuti secara serius di mana pekerja tidak harus melakukan pekerjaan itu jika mereka tidak suka atau tidak mau.

(Foto: Soranews24)

Perusahaan memberikan alasan yang sangat sederhana untuk menegakkan aturan ini, yang akan bekerja dengan lambat ketika melakukan apa yang mereka rasa tidak menyenangkan, tidak bahagia atau tidak suka. Jadi setiap karyawan di perusahaan ini melakukan pekerjaan di bidang yang paling mereka sukai, dan sebagai hasilnya produktivitas telah meningkat dengan baik.

Bekerja pada pengolahan udang tentu sangat rumit dan kasar. Tidak semua orang suka dan mau melakukan pekerjaan untuk gulma, menimbang dengan baik, membersihkan daerah udang dengan hati-hati, menyesuaikan ukuran, memasak, mengemas dan menyedot debu untuk menjadi produk makanan laut yang diproses dengan sempurna. Jadi, sangat penting bagi pekerja untuk memilih pekerjaan di area yang mereka sukai sebagai pekerja yang efisien dan terampil.

(Foto: Soranews24)

Perusahaan Makanan Laut Papua New Guinea mempekerjakan terdiri dari kaum wanita yang juga ibu rumah tanggga. Dengan membuat jadwal pekerjaan sendiri, karyawan ini tidak perlu khawatir mengurus anak-anak mereka yang sakit atau terluka cidera karena mereka tidak harus mengambil cuti sakit jika terjadi masalah yang mencemaskan, atau masalah pribadi lainnya. Salah satu pekerja adalah pria paruh baya yang belum pernah bekerja sebelumnya, tetapi sekarang ia menjadi pekerja yang rajin sehingga menjadi trampil karena sistem jadwal yang bebas dan fleksibel.

(Foto: Soranews24)

Perusahaan dan karyawan mendapat manfaat yang sama ketika mereka setuju untuk memajukan perusahaan sesuai dengan aturan unik yang telah berhasil diterapkan. Mereka menjadi lebih fokus pada pekerjaan karena mereka merasa bertanggung jawab untuk mengelola dan menjaga tugas mereka sendiri dengan kemauan dan kehendak pada tingkat tertinggi. Dengan demikian tingkat produktivitas dan kualitas pekerjaan selalu konsisten dan terus meningkat. Langkah pengelolaan perusaahaan yang bijaksana ini wajib dijadikan inspirasi oleh perusahaan lain.(yant)

500gタイガーびっくり2Lサイズなどの作業動画です。頭とり、選別、計量、袋いれ、小規模手作業で素早くが重要なんです。

Posted by パプアニューギニア海産/船凍天然エビ on Saturday, May 24, 2014

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular