Erabaru.net. Dalam rekaman yang menarik ini, pesawat dari berbagai perusahaan dan berasal dari lokasi yang berbeda di Bumi ini tampaknya meninggalkan jejak putih yang spektakuler di belakang selama mendarat di Bandara Arlanda Stockholm pada 14 Desember 2016. Muncul segera setelah pesawat mendekati tanah, menunjukkan tabung putih sejajar dengan tanah dan menghilang setelah pesawat mendarat.

Mereka disebut wake atau wingtip vortices, sebuah fenomena yang muncul di ujung sayap pesawat selama pengangkatan dan pendaratan. Mereka terkait dengan tarikan dan merupakan komponen kunci dari turbulensi bangun.

Tergantung pada kelembaban atmosfer, serta geometri dan beban sayap pesawat terbang, air dapat mengembun atau membeku di inti dari vortisitas ini, membuatnya terlihat, seperti dalam video ini.

Ketika sayap menghasilkan aerodinamis mengangkat udara di permukaan atas memiliki tekanan yang lebih rendah relatif terhadap permukaan bawah. Udara mengalir dari bawah sayap dan keluar di sekitar ujung ke bagian atas sayap dengan cara melingkar. Pola aliran sirkulasi yang muncul bernama vortex diamati, menampilkan inti tekanan rendah.

Jika dilihat dari ekor pesawat, melihat ke depan dalam arah penerbangan, ada satu pusaran ujung sayap yang tertinggal dari sayap kiri dan berputar searah jarum jam, dan satu lagi tertinggal dari sayap kanan dan berputar berlawanan arah jarum jam. Hasilnya adalah wilayah downwash di belakang pesawat, antara dua vortisitas.

Kedua vortex ujung sayap tidak bergabung karena mereka bersirkulasi dalam arah yang berlawanan. Mereka menghilang perlahan dan berlama-lama di atmosfer lama setelah pesawat terbang melintas. Mereka berbahaya bagi pesawat lain, yang dikenal sebagai turbulensi bangun. (rpg)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds