Erabaru. net. Dewasa ini wajan anti lengket ( Teflon) sangat diperlukan di dapur modern mana pun. Namun, mereka membutuhkan perawatan dasar agar tidak kehilangan kualitas khusus mereka.

(Foto : Josep Suria / Shutterstock.com)

Wajan jenis ini menawarkan banyak manfaat: makanan lebih segar, membutuhkan lebih sedikit minyak dan sangat mudah dibersihkan. Namun, kesalahan dapat merusak wajan Anda selamanya.

Perawatan dasar

Untuk menjaga keawetan wajan Anda, Anda hanya harus mengikuti rekomendasi berikut dengan hati-hati.

Sebelum digunakan pertama kali

Jangan terburu-buru menaruh wajan baru Anda di atas api. Sebelum menggunakannya, perlu untuk mencuci dengan spons yang lembut dan sedikit sabun cair. Kemudian, oleskan sedikit minyak bunga matahari.

Jangan panaskan

Beberapa wajan perlu dipanaskan untuk mencegah makanan menempel. Namun, ini tidak terjadi dengan wajan anti lengket. Cukup letakkan makanan langsung dan tambahkan sedikit cairan.

Hati-hati dengan suhu

Jangan mencuci wajan panas dengan air dingin karena dapat merusak lapisan. Biarkan wajan mendingin dan gosok lembut dengan spons yang direndam dalam air dingin atau hangat.

Jika Anda tidak memberikan perawatan yang tepat untuk wajan Anda, dapat menyebabkan makanan menempel atau bahkan membakarnya.

Apa yang harus dilakukan jika makanan menempel pada wajan anti lengket?

Bahkan jika lapisannya dalam kondisi baik, beberapa makanan mungkin bisa menempel. Dalam kasus ini, Anda tidak perlu membuangnya, ada beberapa trik yang akan membantu Anda menghadapi masalah ini:

Jika Anda menggunakan minuman berbusa, Anda bisa membersihkan permukaan dengan lembut.
Hapus telur goreng yang tersisa dengan air dingin. Tapi ingat: Anda harus melakukannya ketika wajan sudah dingin.
Untuk menghindari tergores, gunakan kertas lembut untuk menumpuknya dengan wajan yang lain.

Kesalahan yang harus Anda hindari

Anda sudah tahu perawatan dasar yang dibutuhkan. Sekarang kami akan memberi tahu Anda apa kesalahan terburuk yang dapat Anda buat ketika datang ke permukaan wajan anti lengket:

1. Menggunakan spatula logam

Anda dapat menggunakan peralatan logam dengan wadah lain, tetapi permukaan yang halus dari panci anti lengket harus diperlakukan dengan hati-hati. Oleh karena itu, peralatan makan khusus dari kayu dan silikon harus disediakan.

2. Menggunakan benda abrasif

Sikat logam dan spons, serta zat abrasif, tidak disarankan untuk membersihkan permukaan ini. Untuk melakukan ini, spons yang lembut dan sabun cair yang netral akan cukup.

(Foto: liza54500 / Shutterstock.com)

3. Menggunakan mesin pencuci piring

Produk pembersih yang digunakan dalam mesin pencuci piring mengandung zat yang berdampak buruk pada lapisan atas wajan anti lengket.

4. Mendinginkan makanan di dalam wajan

Wajan anti lengket dirancang untuk memasak, bukan untuk menyimpan makanan. Selain itu, suhu kulkas yang rendah dapat merusak lapisan wajan Anda.

5. Digunakan untuk tujuan yang tidak terduga

Dalam kebanyakan kasus, produsen menunjukkan makanan yang dirancang setiap wajan. Anda perlu tahu apa karakteristik wajan Anda untuk dapat menggunakannya dengan benar.

Dengan penggunaan yang tepat, wajan anti lengket yang baik dapat mempertahankan kualitasnya untuk waktu yang lama. Menerapkan tips sederhana ini dan membuat peralatan favorit Anda bertahan di dapur Anda selamanya.(yant)

Sumber: fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds