Erabaru.net. Sebuah kapal dagang Yunani Kuno diperkirakan berusia 2.400 tahun telah ditemukan di dasar Laut Hitam dan dilaporkan masih dalam kondisi yang baik.

(Foto: The Guardian)

Menurut laporan BH Online, penemuan bangkai kapal tersebut menjadikannya salah satu dari 60 bangkai kapal lainnya seperti kapal Romawi dan armada penyerang Kossak dari abad ke-17 yang diidentifikasi oleh Proyek Arkeologi Maritim Laut Hitam (Black Sea MAP).

(Foto: news.com.au)

Selama periode tiga tahun proyek tersebut , sekelompok peneliti dari Inggris dan Bulgaria telah menggunakan kamera air dalam yang sering digunakan di bidang eksplorasi minyak dan gas lepas pantai untuk memetakan dasar laut.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh Proyek Arkeologi Maritim Laut Hitam, sebagian kecil kapal Yunani Kuno dibawa ke laboratorium uji untuk tes pemeriksaan karbon. Dari sana, dapat dipastikan bahwa kapal tersebut adalah bangkai kapal tertua di dunia yang masih dalam kondisi utuh.

(Foto: news.com.au)

Kapal itu konon berasal dari zaman keemasan Laut Hitam sebagai pusat perdagangan koloni Yunani pada 400 SM.

“Sebuah kapal yang masih utuh dari dunia klasik, terdampar di kedalaman lebih dar 2.000 meter adalah sesuatu yang sebelumnya tidak bisa dipercaya. Ini akan mengubah pemahaman kita dalam konteks pembuatan kapal dan pelayaran di dunia kuno, “kata Prof Jon Adams dari Universitas Southampton.

Kondisi kapal yang masih terjaga dengan baik adalah karena tidak adanya pasokan oksigen di kedalaman air, sehingga membuat bahan organik apa pun bertahan lama.

Ilustrasi. Ikan monkfish. (Foto: mStar)

Mengutip laporan dari mStar, kapal itu begitu dilestarikan sehingga ikan monkfish yang dimakan oleh orang Romawi di dek masih dalam kondisi baik.(yant)

World's Oldest Intact Shipwreck Discovered in Black Sea

This is the world’s oldest known shipwreck — it's believed to be 2,400 years old

Posted by NowThis on Tuesday, October 23, 2018

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular