Erabaru.net. Ilusi optik adalah ilusi yang terjadi ketika sistem visual melihat gambar berbeda dari yang muncul dalam objek nyata. Informasi yang dikumpulkan oleh mata Anda kemudian diproses di otak Anda. Dengan ilusi optik, persepsi tidak sama dengan pengukuran fisik dari sumber stimulus.

Ilusi optik dapat ditempatkan ke dalam tiga kategori yang berbeda.

Menurut Wikipedia, ilusi optik literal menciptakan gambar yang berbeda dari objek yang membuatnya.

Ilusi fisiologis terjadi ketika ada stimulasi berlebihan dari tipe tertentu, seperti kecerahan, warna, ukuran, atau gerakan.

Ilusi patologis muncul dari suatu perbedaan patologis di dalam mekanisme-mekanisme persepsi visual fisiologis yang menyebabkan jenis-jenis ilusi lainnya.

Source: YouTube Screenshot

Dan manusia bukanlah satu-satunya yang merespon ilusi optik. Ternyata, binatang juga! Contohnya kucing ini.

Seorang pengguna YouTube yang menggunakan nama SquirrelMaster memposting video lucu tentang kucingnya yang terpesona dengan ilusi optik di selembar kertas.

Kucing itu hanya menatap kertas untuk sementara, dia benar-benar bingung dengan apa yang dilihatnya.

Pikirannya benar-benar tertipu oleh apa pun yang dilihatnya. Dia sebenarnya tidak tahu apa yang dilihatnya dan jenisnya terlihat membingungkan.

Source: YouTube Screenshot

Jadi, si kucing melakukan apa yang kucing bisa lakukan dalam situasi seperti itu. Dia menyerangnya. Dia memukul kertas itu dan mencoba untuk menghancurkan hal aneh yang ada di hadapannya.

Dia tampak bingung lagi dan mundur selangkah.

Dia mencoba memfokuskan kembali matanya tanpa hasil. Kemudian dia mencoba mencakar apa yang dilihatnya. Dia memukul kertas lalu menerkamnya. Itu jelas tidak berhasil. Jadi dia mundur selangkah lagi. Setelah beberapa detik, dia mulai menyerang lagi.

Source: YouTube Screenshot

Kali ini dia mencoba untuk menggigit ilusi di hadapannya dan mulai merobek kertas dengan mulutnya dan menguranginya sampai hancur seperti itu. Saya kira motto kucing ini adalah jika Anda tidak bisa mengalahkannya … hancurkan.

Video ini luar biasa menggemaskan dan benar-benar lucu.

“Luar biasa bagaimana kucing memiliki mata yang jauh lebih baik daripada manusia tetapi masih lemah terhadap kekuatan manis ilusi optik,” tulis YouTuber. (rpg)

Sumber: AC

Video Rekomendasi

Share

Video Popular