Erabaru.net. Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda temukan di lautan. Penuh dengan makhluk yang indah dan berbahaya.

Ketika sekelompok penyelam menemukan salah satu hewan terbesar di laut, mereka terlihat agak berjaga-jaga. Meskipun mereka telah menemukan banyak makhluk laut selama bertahun-tahun, yang satu ini berbeda.

Itu sangat besar, dan terlihat seperti bisa dengan mudah menelan mereka dengan sekali telan.

Sumber: Screenshot YouTube

Kebanyakan orang akan melihatnya sekali dan kabur dari sana secepat yang mereka bisa. Penyelam ini melakukan sesuatu yang luar biasa. Mereka akan membantunya.

Makhluk itu adalah hiu paus, dan tertangkap tali. Mereka tahu bahwa paus itu gugup melihat mereka, dan mereka tahu jika tidak membantu, paus itu akan mati. Para penyelam juga ragu-ragu. Mereka ingin membantu, tetapi tidak yakin bagaimana reaksi ikan besar itu terhadap kehadiran mereka. Paus itu kesakitan karena talinya dan jelas gelisah. Apakah baik-baik saja jika mereka mendekati paus itu? Mereka memutuskan untuk mencobanya.

Sumber: Screenshot YouTube

Seekor paus hiu tampaknya merasa bahwa mereka ada di sana untuk membantu dan membiarkan mereka untuk mendekatinya.Salah satu penyelam mengeluarkan pisau dan mulai memotong talinya. Tali itu telah melilit di sekitar hiu paus itu begitu lama, sehingga menyatu dengan kulitnya. Butuh waktu kurang dari satu menit bagi penyelam untuk memotong talinya.

Begitu talinya terpotong, hiu paus melanjutkan perjalanannya, dan begitu pula para penyelam. Mereka lega karena bisa membantu.

Salah satu penyelam merekam semuanya, dan mereka kemudian membagikan rekaman itu. Orang-orang kagum pada betapa besar dan lembutnya hiu paus itu dan bersyukur bahwa para penyelam meluangkan waktu untuk membantunya.

Sumber: Screenshot YouTube

Meskipun hiu paus mungkin besar, mereka tidak agresif dan tidak mungkin membahayakan manusia.

Mereka memakan plankton dan krill melalui mulut raksasa mereka. Menurut See The Wild:

“Hiu paus adalah ikan terbesar di planet ini. Raksasa lembut ini tidak berbahaya bagi manusia. Fakta hiu paus lainnya termasuk mencapai panjang lebih dari 12 meter, sementara mereka hanya memakan organisme laut terkecil seperti plankton!

“Hiu paus mencolok dalam penampilan mereka bukan hanya karena ukuran mereka, tetapi juga karena pola bintik-bintik dan bilah unik yang menutupi tubuh abu-abunya. Hiu paus sangat populer di kalangan wisatawan yang berharap dapat snorkeling bersama para raksasa lembut ini.

“Mereka termasuk kelompok yang disebut Chondrichthyes, yang meliputi hiu, pari, dan skates. Ikan ini memiliki kerangka yang seluruhnya terbuat dari tulang rawan dibandingkan dengan ikan lain yang memiliki kerangka yang terbuat dari tulang. Sedikit yang diketahui tentang sejarah kehidupan dari raksasa yang sulit dipahami ini.”

Sumber: Screenshot YouTube

Sayangnya, raksasa lembut ini sering terjebak dalam jaring ikan dan tali tambang.

Para pemancing tidak bermaksud menangkap atau melukai hiu paus, tetapi mereka juga tidak selalu membantu mereka. Penyelam berpengalaman yang menggunakan nama Tuxus menjelaskan:

“Jika nelayan melepaskan jaring untuk hiu agar pergi, mereka akan kehilangan tangkapan sepanjang malam. Jika tidak, hiu paus akan memakan semua ikan kecil dan akhirnya mencabik-cabik jala untuk keluar. Situasi ini dapat menciptakan konflik di mana hiu akan selalu kalah.”

Sumber: Screenshot YouTube

Dia menjelaskan bahwa para penyelam kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan beruntung dapat membantu ikan hiu paus itu.

Dia dan sekelompok penyelam menyelamatkan hiu paus beberapa tahun yang lalu dari jaring ikan. Dia berkata:

“Pada hari itu, kami dekat dengan kapal nelayan dan menawarkan bantuan kami untuk melepaskan hiu tanpa kehilangan tangkapan sepanjang malam mereka, penyelam kami menarik jaring sedikit dan mendorong hiu itu.”

Sumber: Screenshot YouTube

Semoga, video ini memotivasi penyelam lain agar lebih sadar tentang hewan di sekitar mereka dan membantu mereka jika memungkinkan.

Mudah-mudahan, itu juga membuat para pemancing lebih sadar akan masalah yang mereka timbulkan ketika mereka tidak mempertimbangkan hewan lain di lautan. (rpg)

Sumber: AC

Video Rekomendasi

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds