Erabaru.net. Selaku produsen pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan dekat Karawang, Jawa Barat, perusahaan Boeing menyatakan turut berduka cita dan menyampaikan simpati yang terdalam bagi keluarga dan orang terkasih mereka.

“Perusahaan Boeing sangat bersedih dengan hilangnya penerbangan JT 610. Kami menyampaikan keprihatinan kami atas para penumpang, dan menyampaikan simpati terdalam bagi keluarga dan orang-orang yang mereka cintai,” demikian pernyataan resmi Boeing yang tercantum dalam situs resminya.

Pesawat JT 610 milik operator Lion Air rute Jakarta – Pangkal Pinang dipastikan jatuh di perairan dekat Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Saat terbang pesawat ini membawa penumpang dewasa, anak-anak dan bayi.

Kementerian Perhubungan menyatakan pesawat yang jatuh adalah type B737-8 Max. Pesawat jatuh setelah 13 menit mengudara.

Lion Air menyatakan pesawat ini masih sangat baru beroperasi dalam 4 bulan ini setelah dipesan dari perusahaan Boeing.

Pesawat ini buatan 2018 dan baru dioperasikan oleh Lion Air sejak 15 Agustus 2018 . Pesawat dinyatakan laik operasi.

Atas kejadian ini, pihak Boeing menyatakan siap bekerjasama dengan memberikan bantuan teknis.

“Boeing siap memberikan bantuan teknis dalam investigasi kecelakaan. Sesuai dengan protokol internasional, semua pertanyaan tentang investigasi kecelakaan penerbangan diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia,” demikian pernyataan Boeing.

Lion Air Group adalah yang pertama di dunia yang memasukkan 737 MAX 8 ke layanan dan yang pertama memesan 737 MAX 9.

BACA JUGA : Lion Air JT-610 Jatuh Setelah 13 Menit Mengudara, Pesawat Masih Sangat Baru

Bahkan Lion Air menjadi yang pertama mengambil pengiriman 737 MAX 9, menggunakan kapasitas tambahan pesawat untuk meluncurkan beberapa rute internasional.

Pada Mei 2018, Lion Air Group mengumumkan maskapai membeli 50 pesawat Boeing 737 MAX 10 baru. Pesawat ini disebut akan menjadi jet satu lorong paling hemat bahan bakar dan menguntungkan di industri penerbangan. Kesepakatan, senilai sekitar $ 6,24 miliar pada harga daftar, adalah urutan tambahan terbesar hingga saat ini dari varian MAX 10. (asr)

Share

Video Popular