Erabaru.net. Bagi sebagian orang, makan makanan ringan atau camilan di malam hari adalah mimpi buruk karena dapat menambah berat badan dan mempengaruhi kesehatan. Namun, mereka harus tahu, tidak masalah jika makanan bergula dan berlemak seperti roti canai, donat, burger atau sosis diganti dengan camilan sehat seperti keju dan popcorn.

Berikut ini 9 macam makan ringan yang sehat dan tidak membahayakan kesehatan dan tubuh, untuk dimakan bahkan di malam hari.

1. Keju

(Foto: Depositphotos)

Para ilmuwan Harvard memperingatkan bahwa makan berlebihan di malam hari akan mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu mereka menyarankan untuk hanya menyentuh camilan sehat di malam hari, seperti beberapa potong keju yang cepat mengenyangkan dan juga mudah dicerna dalam waktu singkat.

2. Dadih atau yogurt

(Foto : Eat This, Not That)

Menurut ahli gizi, dadih atau yogurt sangat bergizi dan sempurna sebagai camilan malam karena tidak mengandung lemak tetapi mengandung protein. Menurut penelitian, kandungan protein dalam yogurt akan membuat Anda merasa kenyang dan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori pada siang hari.

 3. Biskuit gandum

(Foto: Depositphotos)

Dengan makan kraker gandum di malam hari, ia masih menyehatkan karena tidak akan mengganggu tidur Anda. Biskuit kraker mengandung karbohidrat yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 4. Popcorn

(Foto: Depositphotos)

Ahli gizi Erika Kannall menyarankan mereka yang masih ingin makan makanan ringan di malam hari untuk makan semangkuk popcorn tanpa garam. Camilan ini sangat sehat dan tidak akan mengganggu dan merubah bentuk tubuh Anda. Anda dapat menambahkan sedikit bubuk lada atau bawang putih jika ingin menambahkan rasa pada popcorn.

5. Telur

(Foto: Depositphotos)

Satu telur rebus hanya mengandung 75 kkal dan itu bisa menjadi makanan yang sempurna untuk dimakan sebagai camilan malam. Menurut Erika Kannall, kudapan malam hari ini akan membuat Anda merasa kenyang hingga pagi hari selain menurunkan berat badan.

6. Sayuran

(Foto: Depositphotos)

Jika Anda selalu terjaga di malam hari karena ingin camilan malam, mengapa tidak membuat cemilan malam yang sehat seperti salad sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya. Makanan ringan salad sayuran mengandung karbohidrat yang dapat membuat Anda merasa kenyang sampai Anda bangun di pagi hari.

7. Saus apel dengan bubuk kayu manis

(Foto: Depositphotos)

Pakar makan sehat, Karen Borsari merekomendasikan saus apel dan bubuk kayu manis kepada mereka yang ingin menikmati camilan malam dengan rasa manis. Anda juga bisa menambahkan hidangan dengan sedikit kismis. Hidangan ini tidak hanya akan menghilangkan keinginan Anda untuk makan hidangan berlemak dan manis seperti es krim dan donat, tetapi juga menurunkan kadar orexin di dalam tubuh yang membuat Anda sering terbangun di malam hari untuk makan.

8. Segelas jus ceri

(Foto: Depositphotos / Depositphotos)

Meskipun jus ceri alami tidak akan membuat Anda merasa kenyang, tetapi studi menemukan bahwa minuman jus ceri dapat memiliki efek positif pada tubuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan menyehatkan.

9. Pisang

(Foto: Depositphotos)

Selain makan pisan itu akan dapat dicerna dengan cepat, Anda juga akan dapat tidur nyenyak karena pisang mengandung kalium dan magnesium untuk membuat diri Anda tenang. Pisang juga mengandung kandungan melatonin yang meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, Anda harus menghindari camilan atau kudapan malam seperti di bawah ini:

1. Makanan seperti roti dan makanan manis karena akan menambah berat badan.

2. Minum beralkohol karena akan menguapkan air di dalam tubuh dan menyebabkan demam di pagi hari. Alkohol juga akan membuat Anda sering terbangun di malam hari untuk buang air.

3. Makanan pedas dan asin akan membuat Anda terjaga untuk minum banyak air. Dan Anda akan menemukan diri Anda merasa sulit untuk tidur sesudahnya.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds