Erabaru.net. Kementerian Perhubungan menyatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pesawat sejenis Lion Air JT 610 yakni pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan oleh maskapai Garuda dan Lion Air.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara cq. Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KUPPU) Kementerian Perhubungan. 

Pihak Kemenhub telah berkirim surat tertanggal 29 Oktober 2018 melalui Direktur KUPPU dengan meminta kepada Dirut PT Lion Mentari Airlines dan PT Garuda Indonesia untuk melakukan pemeriksaan pesawat jenis tersebut.

“Pemeriksaan terkait indikasi repetitive problem, pemeriksaan troubleshooting,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Budi Karya merinci pemeriksaan khusus terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki sebanyak 10 pesawat milik lion air dan satu unit milik Garuda. Sebelumnya Lion Air memiliki 11 unit termasuk  Lion Air JT 610.

Hasil pemeriksaan, kata Budi, menunjukkan bahwa pemeriksaan pesawat –pesawat tersebut didapati bahwa inspeksi rutin pelaksanaan komponen terpasang  dengan baik dan tidak ada yang melewati batas umur.

Bahkan hasil pemeriksaan yang digelar sejak Senin lalu menunjukkan tak ada ditemukannya gangguan teknis.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II walaupun sudah dinyatakan layak terbang, pihaknya menyatakan pesawat-pesawat  jenis Boeing 737 MAX 8 yang dinyatakan layak terbang selanjutnya akan diperiksa oleh tim Boeing yang akan membantu KNKT .

“Beberapa hal secara teknis sehubungan masih beroperasinya pesawat yang lain, nanti ada hal teknis yang dicek kembali walaupun inspektur sudah katakan layak terbang,” katanya.

“Sekarang boleh beroperasi, tapi dalam waktu dekat kita akan periksa ulang terkait kriteria yang lebih detil berkaitan dengan kemungkinan terjadinya kesalahan,” imbuhnya.

Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Pesawat yang sempat meminta untuk kembali ke Bandara Soekarno-Hatta ini mengangkut 178 orang penumpang dewasa, 1 anak, 2 bayi, serta 2 pilot dan 6 awak pesawat. (asr)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular