Erabaru.net. Black box Lion Air JT 610 PK-LQP berhasil ditemukan di dasar laut perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Alat ini sudah diangkat ke Kapal milik BPPT Baruna Jaya I.

Penemuan ini disampaikan oleh penyelam TNI AL Sertu Hendra yang terlibat dalam penemuan Black box milik Lion Air JT 610 ini.

“Alatnya menimbulkan reaksi sensitif kami gali lagi dan ternyata kami mendapatkan black box, warnanya orange, ” kata Hendra dari Kesatuan Yon Taifib Korps Marinir, Kamis (1/11/2018) disiarkan Metro TV.

Black box milik Lion Air JT 610 ini ditemukan di dasar laut yang terbenam di lumpur.

Sebelumnya, Kabasarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengatakan pihaknya optimis tidak lama lagi  akan menemukan body pesawat.

Kabasarnas menyatakan berdasarkan hasil pencarian menggunakan Remotly Operated Underwater Vehicle (ROV) terlihat gambar-gambar visual kondisi bawah air. Bahkan,  peralatan Ping Detector berhasil  mendeteksi signal keberadaan black box.

BACA JUGA : Cerita Panglima TNI Terdeteksinya Sinyal Black Box dan Diduga Keberadaan Lion Air JT 610

Lokasi ini berada di posisi last contact pesawat pada koordinat 05 derajat 46 menit 15 detik South – 107 derajat 07 menit 16 detik East dengan kedalaman 32 meter.

Pesawat JT 610 jatuh di perairan dekat Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Pesawat ini jatuh setelah mengudara selama 13 menit dari Bandara Soekarno Hatta ke Pangkal Pinang.

Pesawat dengan regitrasi PK-LQP jenis Boieng 737 MAX 8 ini masih sangat baru beroperasi dalam 4 bulan ini setelah dipesan dari perusahaan Boeing. (asr)

Share

Video Popular