ErabaruNet – Sebuah kapal penelitian bawah laut berhasil menangkap rekaman video langka dari gurita putih yang sedang berenang di laut dalam. Kendaraan dengan pengendali (remote control) jarak jauh yang merekam video dioperasikan oleh Ocean Exploration Trust, sebuah lembaga nirlaba yang saat ini sedang menjelajahi dasar lautan.

Penampakan dari apa yang disebut gurita dumbo, juga dikenal sebagai gurita payung di laut dalam, sangat tidak biasa. Karena kebanyakan dari mereka tinggal di kawasan dengan kedalaman di bawah 9.800 kaki.

Nama Gurita Dumbo (atau Grimpoteuthis) terinspirasi dari karakter terkenal Disney yang memiliki ukuran telinga yang sangat besar. Seperti nampak di video, Gurita Dumbo dengan anggun mengepakkan siripnya saat bergerak perlahan melalui air. Sangat mudah untuk menerka dan melihat, mengapa mereka dinamai demikian.

Tim yang mengendalikan kendaraan Hercules yang dioperasikan dari jarak jauh di atas kapal penelitian Nautilus dapat didengar berseru kegirangan saat mereka melihat gurita itu.

“Oh, dan dunia menyukai dumbo,” seorang anggota tim mengatakan pada 23 Oktober 2018, ketika video itu diambil. Peneliti lain mengatakan betapa lucunya makhluk itu.

Tim peneliti menggunakan laser khusus untuk mengukur besar gurita itu. Mereka memperkirakan gurita itu memilik panjang sekitar 60 centimeter, jauh lebih besar dari ukuran rata-rata spesies itu di laut dangkal.

The Ocean Exploration Trust mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Pada awalnya gurita hantu melayang melewati kamera pada ROV Hercules. Dia mengepakkan sepasang sirip seperti sayap, kemudian membalikkan jaringnya, menyebarkannya seperti payung untuk membuka kedelapan lengan masing-masing dengan serangkaian pengisap tunggal dan dua rangkaian struktur otot seperti jari yang disebut cirri (karenanya diberi nama cirrate octopod).”

Gurita itu terlihat di kedalaman Monterey Bay National Marine Sanctuary di lepas pantai California dalam penyelaman pertama E/V Nautilus.

“Penyelaman pertama ini menjelajahi hamparan berbatu yang belum dijelajahi sepenuhnya di tenggara gunung bawah laut, sebuah wilayah yang dikenal sebagai oasis di kedalaman dengan hamparan karang dan sponge yang luas,” rilis E/V Nautilus.

Tim telah menjelajahi daerah itu selama dua minggu terakhir. Beberapa hari setelah mereka menangkap cuplikan gurita dumbo, mereka menemukan tempat bertelur untuk lebih dari 1.000 gurita di bebatuan.

Gurita dumbo berenang dalam rekaman video kamera ROV Hercules pada 23 Oktober 2018. (Ocean Exploration Trust/NOAA/ via Storyful/The Epoch Times)

Tim di kapal itu terdiri dari ilmuwan, pilot ROV, navigator, pencatat data, insinyur video, dan komunikator sains, menurut Ocean Exploration Trust.

Pemimpin ilmuwan, Chad King mengatakan kepada Fox News bahwa tim peneliti sangat gembira ketika mereka melihat gurita di laut dalam.

“Meskipun saya seorang ilmuwan, kami semua anak-anak di sini,” kata King.

Dia menambahkan bahwa meskipun spesiesnya tidak langka, tidak biasa untuk dapat melihat salah satu dari jenis gurita ini ketika sedang berenang, terlebih di laut dalam.

“Fakta yang kami temui adalah, ini spesial,” kata King.

Gurita dumbo hidup selama 3 sampai 5 tahun dan bisa ada di bawah 23.000 kaki di bawah permukaan laut. Gurita jenis ini memang dikenal paling mampu untuk bertahan menyelam paling dalam dari gurita lainnya.

Gurita terbesar jenis ini yang pernah ditemukan memiliki panjang 5,9 meter dan berat 13 pon. (JOHN SMITHIES/The Epoch Times/waa)

Video Rekomendasi :

Video Pilihan :

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds