Erabaru.net. Ginjal memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Di antaranya adalah memproduksi sel darah merah, mengendalikan tekanan darah, mendetoksifikasi organ internal, menghilangkan kelebihan air dan mengendalikan kadar semua mineral penting dalam darah.

Itulah sebabnya kita disarankan untuk mengurangi risiko terkena penyakit ginjal dengan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk dan menggantinya dengan aktivitas yang lebih baik.

Berikut adalah 10 kebiasaan buruk yang akan merusak ginjal Anda.

10. Menahan kencing

Penyebab utama kerusakan ginjal adalah kebiasaan menahan buang air kecil. Tidak ada keraguan bahwa banyak dari kita benar-benar memiliki kebiasaan buruk ini.

Tapi tahukah Anda, jika Anda sering menahan buang air kecil, urin akan tetap berada di kandung kemih untuk waktu yang lama dan bakteri akan mulai berkembang biak lebih cepat?

Pada akhirnya ginjal menjadi rusak dan proses pembuangagn air kencing akan terganggu sehingga mereka tidak dapat dikendalikan lagi.

9. Duduk terlalu lama

Aktivitas sehari-hari Anda akan selalu mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, misalnya, menjaga metabolisme tubuh dan tekanan darah. Tetapi jika Anda duduk terlalu lama tanpa gerakan apa pun, itu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal hingga 30 persen.

Jika Anda menghabiskan 8 jam duduk di kursi di tempat kerja Anda, cobalah melakukan aktivitas yang lebih sehat saat Anda di rumah.

Diantaranya adalah olahraga 2-3 kali seminggu dan jangan lewatkan kesempatan berjalan-jalan di sekitar rumah Anda.

8. Lakukan latihan fisik secara berlebihan

Melakukan latihan fisik untuk waktu yang lama dapat menyebabkan rhabdomyolysis, suatu kondisi di mana otot-otot Anda terluka secara langsung atau tidak langsung. Ini karena kematian serabut otot yang dilepaskan ke aliran darah.

Akibatnya ginjal gagal berfungsi dan tidak bisa mengeluarkan air kencing secara teratur.

Jika Anda sering melakukan latihan fisik dan menderita otot dan urin kotor pada saat yang bersamaan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

7. Gunakan obat nyeri berlebihan

Awalnya obat penghilang rasa sakit baik untuk menghilangkan rasa sakit tetapi menggunakannya secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal sepenuhnya.

Ini karena painkiller akan mengurangi pergerakan darah di ginjal dan akan mengganggu ginjal.

Karena itu, jika Anda terluka parah, Anda harus meminum obat penghilang rasa sakit dalam jangka waktu dan dosis yang ditentukan dokter.

6. Tidak cuku minum air

Minum air dalam jumlah yang cukup akan membantu ginjal Anda memproses air kencing dan melepaskan racun keluar dari tubuh dengan lancar. Tetapi jika Anda tidak cukup minum air, kesehatan Anda akan terganggu termasuk penyakit batu ginjal.

Rata-rata manusia membutuhkan 1,5 hingga 2 liter air sehari untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Tetapi perlu dicatat bahwa hanya air putih yang dihitung dan tidak termasuk air manis lainnya.

Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki cukup air di tubuh Anda? Caranya adalah dengan melihat warna urin Anda. Jika warnanya kuning terang, itu menunjukkan bahwa Anda minum cukup air dan jika gelap itu mungkin pertanda kerusakan ginjal Anda.

5. Kurang tidur

Istirahat di malam hari adalah hal yang paling penting untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan ginjal.

Untuk pengetahuan Anda, jaringan ginjal akan diperbarui hanya ketika Anda tidur. Karena itu, jika Anda kurangg tidur, Anda akan mengganggu proses ini dan risiko ginjal yang rusak lebih tinggi.

4. Minuman rendah kalori

Banyak orang mengonsumsi minuman rendah kalori dengan tujuan menurunkan berat badan. Namun menurut para ahli kesehatan, asupan kalori rendah erat kaitannya dengan masalah ginjal.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa lebih dari 3.000 wanita yang minum dua gelas atau lebih minuman berkalori rendah setiap hari mengalami penurunan dalam proses ginjal yang akhirnya merusak ginjal.

3. Makan terlalu banyak daging

Jika Anda makan terlalu banyak daging, itu akan mengakibatkan ginjal Anda tidak dapat mengontrol pH tubuh dengan seimbang. Tanpa disadari, kebiasaan makan ini akan menyebabkan masalah gastro-intestinal dan masalah ginjal.

Karena itu, Anda perlu mengontrol asupan makan daging dan makanlah secara sehat. Buah-buahan, sayuran, ikan, telur, dan kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang perlu ditambahkan ke makanan Anda.

2. Kelebihan garam dan gula

Disadari atau tidak mengonsumsi garam berlebihan tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi tetapi juga merusak ginjal. Ini karena ketika Anda makan garam berlebihan, ginjal harus bekerja keras untuk menyingkirkan kelebihan racun dari tubuh.

Sementara asupan gula yang berlebihan akan membuat Anda mudah mendapatkan tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan dan akhirnya menyebabkan diabetes.

Karena itu, Anda harus lebih bijak dalam mengonsumsi saus dan makanan manis agar kesehatan Anda tidak terganggu.

1. Menyepelakan infeksi biasa

Anda harus lebih peka dengan kesehatan Anda dan jangan menganggapnya remeh ketika datang ke infeksi umum seperti batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan dan sebagainya.

Ini karena proses pertahanan diri yang dilakukan oleh ginjal dan jika infeksi berlangsung lama, kesehatan ginjal Anda akan terpengaruh.

Oleh karena itu, jika dan dengan infeksi umum seperti itu, Anda harus cukup istirahat dan makan obat antibiotik jika diperlukan.

Sebagai kesimpulan, Anda perlu melihat kembali apakah Anda melakukan 10 kebiasaan buruk ini dan jika YA, Anda harus meninggalkannya. Ini semua untuk kesehatan Anda.

Jika Anda tidak peduli dengan kesehatan Anda sendiri, kemungkinan besar orang lain tidak akan mampu melakukannya untuk Anda.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

YouTube / CBS Los Angeles

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds