Erabaru.net. Biasanya, kaum pekerja sering mencari alternatif lain untuk mengisi perut mereka terutama saat makan malam karena terlalu lelah untuk menyiapkan makanan.

Seseorang akan memesan makanan cepat saji, makan di restoran atau hanya makan apa saja di dapur seperti kue untuk mengisi perut kosong.

Namun, kebiasaan ini sangat tidak sehat dan kita selalu didorong untuk melakukan diet seimbang dalam diet harian jika kita tidak ingin tubuh menderita nantinya.

(Foto: Lsveikata)

Namun inilah yang terjadi pada pria berusia 21 tahun asal Hangzhou, Tiongkok. Pria yang dikenal sebagai Xiao Mao suka makan buah setiap kali dia pulang dari kerja karena dia terlalu malas untuk memasak.

Xiao berpikir bahwa mengambil buah-buahan adalah alternatif yang sehat. Jadi dia memutuskan untuk makan buah setiap kali saat makan malam dan kebiasaan ini berlangsung selama sebulan.

Namun, saat sarapan dan makan siang, Xiao akan makan seperti biasa. Hanya saat makan malam Xiao mengambil buah dan berpikir itu mampu memasok nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Juga , waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan buah juga cukup mudah.

(Foto : Good Cheap Eats)

Dalam sebulan, Xiao biasanya akan makan buah seperti pisang dan juga melon susu untuk memuaskan rasa laparnya. Namun, dia sudah lama mulai merasa tidak sehat dan sering mengalami gejala seperti pusing, mual, mulut kering dan sebagainya.

Khawati dengan kondisi kesehatannya, Xiao memutuskan untuk pergi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Dokter telah melakukan beberapa tes pada Xiao dan menemukan bahwa kandungan gula darahnya adalah 79,98 mol / L yang 10 kali lebih tinggi dari jumlah yang seharusnya untuk individu yang sehat.

Tidak hanya itu, para dokter juga mengkonfirmasi bahwa darah Xiao mengandung asam dan Xiao dilaporkan menderita diabetes ketoasidosis diabetik  (DKA). DKA biasanya terjadi pada pasien diabetes tipe 1 dan itu membawa risiko yang sangat tinggi!

DKA terjadi ketika tubuh memecah lemak dengan cepat dan menyebabkan lemak diproses menjadi keton yang menyebabkan darah menjadi asam.

Xiao kemudian langsung dirawat di ICU untuk perawatan lebih lanjut dan setelah tiga hari, kondisi Xiao kembali normal seperti biasanya.

(Foto: Business Insider)

Dokter menjelaskan bahwa buah itu memiliki khasiatnya sendiri tetapi untuk menjadikan buah-buahan untu mengganti makan sehari-hari adalah tindakan yang tidak dibenarkan. Selanjutnya, buah yang dikonsumsi oleh Xiao mengandung kadar gula yang tinggi.

Jadi, jangan makan buah seperti ini dalam jumlah banyak bahkan jika Anda hanya memakannya sebagai makanan penutup. Awasi asupan gula harian Anda jika Anda tidak ingin mengalami penderitaan seperti Xiao.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds