Erabaru.net. Pernahkah Anda mengalami pendarahan gusi? Seberapa sering Anda mengalami pendarahan gusi?

Tidak ada keraguan bahwa sebagian dari kita tidak peduli dengan gusi berdarah karena ini tidak selalu terjadi dan pendarahan akan berhenti dengan cepat setelah berkumur beberapa kali.

Tetapi Anda harus lebih sensitif terhadap kesehatan gigi dan gusi, terutama ketika Anda mengalami gusi berdarah karena Anda mungkin mengalami penyakit gigi dan gusi.

Berikut 6 penyebab gusi berdarah dan cara mencegahnya

1. Masalah gingivitis

Masalah gingivitis terjadi ketika gusi Anda mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada plak dan gigi berlubang.

Anda tidak memperhatikan tentang keberadaan gingivitis karena tidak terasa sakit dan tidak ada masalah lain. Namun, jika gusi Anda sering berdarah, berhati-hatilah karena gingivitis adalah salah satu penyebabnya.

Jika tidak diobati, gingivitis akan menyebabkan penyakit lain yang menyebabkan kerusakan gigi dan jaringan gigi.

Karena itu, untuk mencegah gusi berdarah dan mencegah radang gusi, Anda harus menyikat gigi dan menjaganya dengan baik dan mendapatkan perawatan dari dokter gigi Anda.

2. Anda adalah perokok

Perokok adalah orang-orang berisiko gusi berdarah. Menurut Peter Doig yang merupakan seorang dokter gigi, merokok cenderung menyebabkan peningkatan penyakit periodontal karena berbagai alasan.

Menghisap asap rokok dapat menyebabkan iritasi racun pada gigi yang sulit dihilangkan melalui pembersihan mulut. Tidak hanya itu, gusi akan menjadi lebih buruk dan berdarah.

Oleh karena itu, berhenti merokok adalah cara yang bagus untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat.

3. Kebiasaan makan yang tidak sehat

Mempertahankan cara hidup yang sehat adalah apa yang semua orang perlu lakukan. Ini termasuk kebiasaan makan karena efeknya tidak hanya pada tubuh tetapi bisa dilihat pada gigi dan gusi.

Karena itu, jagalah kebiasaan makan Anda secara tidak langsung dalam menjaga gigi dan gusi Anda.

4. Anda seorang wanita

Kenapa wanita? Ini karena, perubahan hormon ketika wanita ‘datang bulan’ dan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko pendarahan gusi.

Oleh karena itu, bagi wanita di luar sana, Anda harus bertemu dengan dokter Anda jika Anda memiliki gusi berdarah apakah Anda sedang menstruasi atau sedang hamil.

5. Kebiasaan membersihkan gigi yang buruk

Jika Anda menyikat gigi terlalu kuat, gusi akan mudah terluka. Ini karena gusi memiliki jaringan lunak dan setiap tindakan keras pada mereka dapat menyebabkan luka bengkak dan berdarah.

Pemilihan sikat gigi juga penting tetapi jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, itu tidak ada gunanya. Ini karena bakteri menggunakan plak dan sisa makanan yang ditemukan di dalam mulut untuk menghasilkan asam yang dapat merusak gigi dan gusi.

Karena itu, Anda disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan sebelum tidur.

6. Mengonsumsi obat-obatan

Obat dan kebersihan gigi ada terkaitannya. Ini karena beberapa resep obat dapat meningkatkan risiko pendarahan gusi dan mulut kering.

Menurut Dr. Peter Doig, mungkin ada lebih dari 400 jenis obat yang dapat mempengaruhi jumlah air liur di mulut termasuk antihistamin, obat penenang, anti depresi dan anti-psikotik.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular