Erabaru.net. Seorang bijak mendapat permintaan dari seorang pria kaya untuk menasehati putranya agar menghentikan kebiasaan buruknya. Orang bijak itu menerima permintaannya dan pergi menemui putra sang pria kaya.

Orang bijak itu menasehati bocah tersebut untuk menghentikan kebiasaan buruknya, namun dia selalu membantah dan mengatakan untuk tenang saja, karena saat dewasa nanti, kebiasaan buruknya akan hilang dengan alamiah.

Orang bijak kemudian mengajaknya untuk berjalan-jalan di taman. Tiba-tiba dia berhenti dan meminta sang bocah untuk mencabut tunas kecil yang tumbuh di sana. Bocah lelaki itu lalu memegang tunas tersebut di antara ibu jari dan telunjuknya dan mencabutnya dari tanah.

Ilustrasi. Kredit: news.bbc.co.uk

Setelah berjalan beberapa saat, orang bijak itu meminta sang bocah untuk mencabut tanaman yang sedikit lebih besar. Kali ini bocah itu harus berusaha sedikit lebih keras dan akhirnya tanaman itu berhasil dicabut sampai ke akarnya.

“Sekarang tarik keluar yang itu!” kata si orang bijak yang menunjuk ke arah semak-semak. Kali ini anak laki-laki tersebut menggunakan seluruh kekuatannya untuk mencabut semak-semak, dan setelah berusaha cukup keras, akhirnya semak-semak itu berhasil tercabut.

“Sekarang cabut yang itu!”, kata orang bijak yang menunjuk pohon jambu biji. Bocah itu kemudian menggenggam batang pohon dan mencoba menariknya menggunakan segenap tenaga, tetapi batang itu sama sekali tidak bergerak. Sambil terengah-engah bocah itu berkata, “Itu tidak mungkin bisa dicabut.”

Ilustrasi. Kredit: thehoneytreenursery.com

“Begitu juga dengan kebiasaan buruk,” kata orang bijak. “Ketika masih muda, mudah untuk menarik mereka keluar tetapi ketika sudah besar dan memiliki akar yang dalam, mereka tidak dapat dihilangkan.”

Bocah itu kemudian sadar, dan mau berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruknya dengan segera.

Jangan biarkan kebiasaan buruk tumbuh di dalam diri Anda, Singkirkan semua itu selagi Anda masih mampu, jika tidak, di masa depan nanti, kebiasaan itu akan terus mengendalikan Anda, dan akan sangat sulit bagi Anda untuk menghilangkannya. (lpc/jul)

Sumber: pencerahansejati.com

Share

Video Popular