Erabaru.net. Setiap hari, seorang wanita yang memiliki tinggi badan seperti anak kecil, berjalan dengan lututnya, menggunakan tangannya yang sult digunakan, untuk merawat Ibunya yang sudah tua.

Cai Dengfeng, 75 tahun, tinggal di Desa Tai, Kotapraja Meishan, Provinsi Sichuan (Tiongkok), telah cacat sejak dia berusia 4 tahun. Ketika dia masih kecil, dia minum obat, lalu tangan dan kakinya bengkak. Merah dan penuh dengan cairan (air dan gas), jadi terpaksa harus diamputasi.

Pada usia 12 tahun, karena penyakit di tubuhnya tidak kunjung sembuh, Cai berhenti sekolah. Beberapa waktu kemudian, Ayahnya meninggal. Sejak itu, dia menjadi satu-satunya pencari nafkah dalam keluarga, dan harus merawat Ibu serta dua saudari perempuannya.

Meski tubuhnya cacat, tetapi tidak bisa mengurangi cinta yang dia berikan kepada sang Ibu, yang tahun ini akan berusia 100 tahun.

Dia adalah penyandang disablitas, tidak beruntung dengan lengan dan kakinya. Tetapi dia tidak lantas menyerah pada kehidupan. Gambar: Chengdu Economic Daily

Untuk bepergian, Cai sendiri merancang sepasang sepatu khusus, untuk melindungi lututnya dari rasa sakit. Setiap pasang sepatu seadanya yang dia buat, biasanya hanya bertahan sekitar 3-4 bulan. Hingga kini, Cai telah mengenakan lebih dari 200 pasang sepatu.

Sepatu khusus yang dirancang oleh Nona Cai. Gambar: Chengdu Economic Daily

Karena menderita disabilitas, Cai tidak berniat menikah. Setelah kedua saudarinya menikah, dia kemudian sendirian merawat Ibunya. Dia tidak ingin mengganggu kedua saudari perempuannya, mengklaim bahwa mereka juga sudah tua.

Dia berkata: “Saya memiliki dua saudara perempuan, yang satu seorang pekerja di pabrik. Yang termuda tinggal di Shanghai, hidup mereka juga sulit.”

“Saya tidak pernah merasa dipaksa untuk merawat Ibu saya. Dia adalah Ibu yang memberi saya kehidupan dan memelihara saya. Jika bukan saya, siapa lagi yang akan merawat Ibu saya,” tambahnya.

Santapan harian Ibu dan anak. Gambar: Chengdu Economic Daily

Setiap bulan, Ibu dan anak perempuan ini menerima tunjangan khusus. Selain itu, selama 20 tahun terakhir, dia telah bekerja secara ekstensif di kantor administrasi desa dan melakukan beberapa pekerjaan lain, cukup untuk menutupi hidupnya.

Saat ini, satu-satunya masalah adalah bahwa Cai semakin tua dan lemah, ibunya tidak mampu melihat sejelas sebelumnya, dan sering kehilangan kendali. (sc/jul)

Sumber: DKN.tv

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds