Eabaru.net. Pertumbuhan gigi bungsu benar-benar menyakitkan. Percaya atau tidak, tidak semua orang akan merasakan rasa sakit karena pertumbuhan gigi bungsu. Gigi  bungsu  adalah gigi geraham ketiga yang tumbuh pada remaja usia 18-30 tahun.

Biasanya rasa sakit yang menyakitkan yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi adalah karena posisi gigi yang terhimpit karena ruang di rahang tidak mencukupi untuk gigi tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, kami di sini untuk membagikan 11 bahan yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi bungsu.

1. Larutan air garam

(Foto: Depositphotos.com)

Garam adalah disinfektan alami. Campurkan garam dalam air hangat dan kumur dengan cairan ini. Solusi ini akan segera meringankan sakit gigi. Biasanya dokter akan menyarankan metode ini sebagai tindakan pertolongan pertama. Anda perlu berkumur-kumur selama beberapa menit dan ulangi proses yang sama 4-5 kali sehari. Langkah ini tidak hanya mudah tetapi juga sangat efektif.

2. Baking soda

(Foto: Depositphotos.com)

Biasanya, pertumbuhan gigi bungsu juga akan diikuti oleh pembengkakan parah di gusi. Untuk mengurangi rasa sakit, Anda dapat menambahkan soda kue ke pasta gigi yang biasa Anda gunakan dan menerapkan campuran ini ke gigi bungsu. Ini akan membantu menghilangkan rasa sakit dalam beberapa menit.

3. Es

(Foto: Depositphotos.com)

Kita semua tahu bahwa es adalah obat yang paling penting dan efektif untuk meredakan segala jenis pembengkakan. Untuk meredakan pembengkakan gigi bungsu, Anda hanya perlu menaruh kantong es di sisi pipi dekat gigi. Tempatkan kantong es di area yang terkena selama 15 menit dan ulangi langkah ini beberapa kali sehari, setiap kali Anda merasakan sakitnya sangat parah. Metode ini berguna untuk menghilangkan peradangan dan pembengkakan.

4. Ekstrak vanili

(Foto: Depositphotos.com)

Jika Anda berpikir vanilli hanya dapat digunakan untuk membuat kue yang lezat, Anda akan senang mengetahui bahwa ada banyak keuntungan lain dari ramuan ini. Ternyata, ekstrak vanila sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit gigi yang muncul. Tuang sedikit vanila ke dalam kapas dan terapkan di gigi yang sakit dalam waktu sekitar 15 menit. Selanjutnya Anda hanya perlu tenang selama beberapa menit dan Anda akan menyadari bahwa rasa sakit itu secara bertahap menurun.

5. Benzocaine

(Foto: Depositphotos.com)

Banyak dokter menyediakan benzocaine untuk mengobati sakit gigi. Obat berbasis gel ini harus ditempatkan pada gigi yang terkena secara langsung. Idealnya, Anda juga harus membersihkan area yang dekat dengan gigi yang sakit sebelum menggunakan obat. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya untuk anak di bawah 2 tahun.

6. Kantong teh

(Foto: u / John-lovestosposh / Reddit)

Berbagai jenis kantong teh dikatakan dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi bungsu. Teh hitam (teh hitam) biasanya digunakan karena manfaat ganda yang ditawarkannya. Sementara kehangatan teh dapat membantu mengurangi pembengkakan, kantong teh yang ditempatkan langsung pada gigi yang sakit akan mengurangi rasa sakit. Asam tannic yang terkandung dalam teh diyakini membantu mengurangi peradangan.

7. Cengkeh

(Foto: Absolute Dental)

Penggunaan cengkeh sudah diketahui dari zaman kuno. Banyak orang tua menyarankan untuk menaruh cengkeh di sekitar gigi yang sakit. Fitur anestetiknya membantu meringankan area yang terkena, sementara kualitas antibakteri dan antiseptiknya memastikan bahwa area tersebut tidak terinfeksi oleh kuman.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak cengkeh pada bola kapas. Jika Anda merasa bahwa aroma cengkeh terlalu kuat, Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun.

8. Kunyit

(Foto: Depositphotos.com)

Kunyit dikenal karena sifat antiseptiknya. Itu sebabnya bahan ini direkomendasikan untuk masalah gigi bungsu. Bahan ini juga telah disebutkan dalam Ayurveda untuk sifat penyembuhan, analgesik, dan sifat antibakteri. Anda bisa menambahkan beberapa bubuk kunyit dalam air dan menggunakannya sebagai cairan untuk berkumur.

9. Daun mint

(Foto: Depositphotos.com)

Daun mint biasanya direkomendasikan untuk sakit tenggorokan. Daun ini tidak hanya memberi Anda bantuan langsung dari rasa sakit, tetapi aromanya juga memungkinkan Anda melupakan masalah yang muncul. Anda bisa membungkus beberapa lembar daun mint dan menempatkannya pada gigi yang terkena selama 15-20 menit. Selain itu, minyak daun mint juga dapat digunakan untuk efek meredakan yang sama.

10. Mentimun dingin

(Foto: Depositphotos.com)

Ketika Anda mengalami sakit gigi, sesuatu yang sejuk adalah hal yang terlihat sangat bagus. Efek dari pendingin mentimun akan segera meredakan rasa sakit. Anda dapat memotong mentimun menjadi potongan kecil yang sesuai dengan area gigi. Meskipun rasa dingin mentimun akan membuat gigi terasa kebas, tetapi perlu Anda ketahui bahwa jus akan mengurangi rasa sakit. Anda juga bisa menggiling mentimun dan meletakkannya di gigi bungsu yang sakit untuk kesan yang sama.

11. Bawang

(Foto: Ekaterina Gapanovich and Anastasia Pavlova/Bright Side)

Penggunaan bahan ini mungkin terdengar tidak masuk akal bagi sebagian orang, tetapi bau bawang yang kuat sebenarnya dapat membantu menyembuhkan sakit gigi. Anda hanya perlu memotong potongan bawang yang sesuai dengan mulut Anda dan menempatkan bawang di daerah yang terkena. Bawang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan bakteri dari mulut dan meminimalkan rasa sakit.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds