WASHINGTON – Departemen Pertanian AS mengakhiri kontrak pembelian senilai 240.000 dolar dengan Smithfield Foods milik Tiongkok yang telah diberikan di bawah program bailout perdagangan pertanian pemerintah Trump, tindakan yang diambil atas permintaan perusahaan tersebut, seorang juru bicara departemen mengatakan pada Reuters pada 16 November.

Langkah ini dilakukan beberapa minggu setelah Senator Republik Chuck Grassley dari Iowa, salah satu negara bagian dengan pertanian terbesar dan penghasil babi terbesar, mengecam Smithfield karena menerima apa yang dia katakan adalah bantuan dari USDA yang dimaksudkan untuk membantu petani-petani Amerika yang terluka oleh tarif perdagangan Tiongkok.

“Smithfield telah meminta untuk menghentikan kontrak mereka yang diberikan berdasarkan Program Pembelian dan Distribusi Makanan. USDA telah menyetujui pengakhiran tersebut,” kata juru bicara USDA, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada Reuters.

Juru bicara tersebut mengatakan transfer dana untuk kontrak pembelian makanan belum terjadi, dan bahwa permintaan Smithfield untuk membatalkan kontrak itu telah diterima pada 13 November.

Smithfield, yang dimiliki oleh konglomerat Tiongkok, WH Group, tidak segera bersedia untuk dimintai komentar. Perusahaan ini adalah produsen daging babi terbesar di dunia dan produsen babi dengan pendapatan tahunan $15 miliar, menurut situs webnya.

Presiden Donald Trump pada akhir Mei mengumumkan tarif-tarif impor untuk baja dan aluminium, mendorong balik pembalasan dari mitra dagang utama seperti Tiongkok yang sejak itu meluas ke pasar pertanian.

Untuk membantu mengimbangi kerusakan pada petani-petani Amerika, daerah pemilihan utama untuk Trump, USDA meluncurkan paket bantuan $12 miliar dimana termasuk $1,2 miliar dalam pembelian komoditas. Program ini mengalokasikan sekitar $558 juta untuk pembelian daging babi.

Grassley, yang telah mewakili Iowa di Senat AS sejak 1981 dan merupakan salah satu Republikan paling senior di kantornya, mengeluh pada akhir Oktober tentang persetujuan untuk Smithfield atas apa yang dia katakan sebagai bantuan federal.

“Saya tidak mengerti mengapa Smithfield yang dimiliki Tiongkok memenuhi syarat untuk $$ USDA yang dimaksudkan untuk membantu petani kita,” tulisnya di Twitter.

Seorang juru bicara Smithfield pada saat itu membantah perusahaan telah mengajukan permohonan bantuan federal, tetapi menegaskan bahwa itu adalah vendor yang memenuhi syarat untuk mengambil bagian dalam program pembelian makanan. (ran)

Rekomendasi video:

Flu Babi Afrika Mewabah di Tiongkok, Peternak Merana

Share

Video Popular