Erabaru.net. Kanker adalah penyakit yang menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jika didiagnosis pada waktunya, adalah mungkin untuk bebas dari penyakit yang mematikan ini, tetapi ini tidak selalu mungkin. Banyak macam kondisi yang dapat dikatakan sebagai gejala kanker, lebih dari 200 fakta, semakin memperumit keadaan.

Beberapa jenis kanker yang paling umum adalah:

  • Melanoma
  • Kanker serviks
  • Leukemia
  • Kanker pankreas
  • Kanker prostat
  • Kanker payudara
  • Kanker ovarium
  • Kanker paru-paru

Dokter menyarankan untuk tidak memandang remeh 16 kemungkinan gejala kanker Ini yang biasanya diabaikan, karena jika mereka terdeteksi pada waktunya, ini akan menyelamatkan hidup pasien.

1. Kehilangan berat badan tiba-tiba tanpa penjelasan

Statistik menunjukkan bahwa 40% pasien kanker melaporkan penurunan berat badan mendadak dan 80% kanker menyebabkan hilangnya massa tubuh.

(Foto: VGstockstudio / Shutterstock.com)

2. Benjolan

Benjolan di area seperti payudara, testikel, ketiak, di antara area lain, adalah alarm nyata yang berarti Anda harus segera mengunjungi dokter. Meskipun gejala ini juga bisa berasal dari penyebab lain, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari risiko yang lebih besar.

3. Kelelahan dan lesu

Gejala ini sering terjadi pada banyak penyakit, tetapi jika gejala itu bertepatan dengan gejala lain, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

(Foto: fizkes / Shutterstock.com)

4. Infeksi dan demam yang sangat sering terjadi

Limfoma dan leukemia memiliki kesamaan ini. Gejala ini seharusnya tidak diabaikan.

(Foto: tommaso79 / Shutterstock.com)

5. Kelainan kuku

Bintik hitam atau coklat di bawah kuku, kuku melengkung atau juga warna putih atau pucat yang tidak normal.

6. Apnea dan masalah pernapasan

Kanker paru memadatkan saluran udara, meskipun tidak selalu dikhawatirkan, karena kondisi yang kurang berbahaya seperti asma dan bronkitis juga menyebabkan gejala ini.

7. Batuk kronis dan nyeri dada

Jika gejala-gejala ini berlangsung selama lebih dari sebulan, sebaiknya berkonsultasi dengan internis.

(Foto: SpeedKingz / Shutterstock.com)

8. Perut kembung

Jika mereka sangat konstan bahkan tanpa mengonsumsi makanan penyebab, Anda harus berkonsultasi dengan dokter, karena kanker ovarium biasanya disertai dengan gejala ini.

9. Keasaman kronis

Satu studi menyimpulkan bahwa gejala ini meningkatkan risiko kanker dari peradangan jaringan.

(Foto: Emily frost / Shutterstock.com)

10. Masalah usus

Jika tiba-tiba mulai bermasalah dengan buang air besar dan bertahan selama lebih dari sebulan, perlu untuk berkonsultasi dengan dokter, karena kanker usus besar biasanya dimulai dengan gejala ini.

(Foto: Magic mine / Shutterstock.com)

11. Penyakit kuning

Penyakit hati ini menyebabkan kulit dan putih mata menjadi kuning. Kanker pankreas juga mampu menghasilkan kondisi ini dan jika gejala ini disertai dengan penurunan berat badan dan nyeri di daerah perut, konsultasi dengan dokter tidak boleh menunggu.

12. Kesulitan menelan

Penyakit lambung dan tenggorokan, seperti beberapa jenis kanker, dapat menyebabkan kesulitan menelan dan rasa sakit di daerah tersebut.

13. Perubahan tahi lalat

Seharusnya tidak diabaikan jika ulkus berkembang pada tanda yang sudah ada yang tidak sembuh atau ada perubahan ukuran, bentuk atau simetri.

14. Nyeri di daerah perut atau panggul

Gejala ini dapat menunjukkan beberapa jenis kanker, seperti leukemia, kanker usus besar, rektum dan indung telur.

(Foto: Khaoniewping / Shutterstock.com)

15. Darah dalam urin dan rasa sakit saat buang air kecil atau buang air besar

Darah dalam urin dan di dalam tinja dapat menunjukkan kanker ginjal atau kandung kemih, sesuatu yang sederhana seperti wasir atau sesuatu yang seserius kanker usus besar.

16. Nyeri, tanpa alasan yang jelas, selama lebih dari 4 minggu

Nyeri pada persendian, tulang atau organ tidak pernah menjadi berita baik, jadi kunjungan ke dokter dalam kasus ini, tidak ada salahnya.

Kanker adalah penyakit yang selalu menjadi penyebab utama kematian di semua tingkat demografi. Itulah mengapa Anda tidak boleh mengabaikan gejala yang diberikan tubuh dan mengunjungi dokter dengan cara preventif dan jangan sampai terlambat. Jangan lupa untuk membagikan informasi berharga ini dengan orang yang Anda cintai.(yant)

Sumber: fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular