Vietnam Protes Platform Baru yang Dibangun Beijing di Laut China Selatan

HANOI – Pembangunan platform baru Tiongkok di bagian terpencil Laut China Selatan yang disengketakan merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan Vietnam, kata kementerian luar negerinya pada 22 November.

Platform ini terletak di Bombay Reef yang strategis dan terungkap dalam citra satelit yang diterbitkan minggu ini oleh lembaga think tank AS Center for Strategic and International Studies (CSIS), yang menyimpulkan bahwa struktur tersebut dapat digunakan untuk tujuan militer.

“Fakta bahwa Tiongkok melanjutkan kegiatannya di Kepulauan Paracel Vietnam telah secara serius melanggar kedaulatan Vietnam di kepulauan ini,” kata juru bicara kementerian luar negeri Nguyen Phuong Tra pada konferensi pers 22 November. “Kita sangat keberatan dengan tindakan ini oleh Tiongkok dan menuntut Tiongkok segera menghentikan, tidak mengulangi kegiatan serupa, dan menghormati kedaulatan Vietnam sesuai dengan hukum internasional.”

CSIS mengatakan citra-citra satelit menunjukkan bahwa Bombay Reef, sebuah atol di rantai Kepulauan Paracel yang disengketakan tersebut, telah dlengkapi dengan radome (kubah biasanya untuk melindungi antena radar) dan panel-panel surya.

“Perkembangan ini menarik mengingat lokasi strategis Bombay Reef, dan kemungkinan bahwa pengerahan cepat struktur tersebut dapat diulang di bagian-bagian lain dari Laut China Selatan,” kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan pada 20 November.

“Terumbu karang ini berbatasan langsung dengan jalur pelayaran utama yang membentang antara Kepulauan Paracel dan Kepulauan Spratly di selatan, menjadikannya lokasi yang menarik untuk penyusunan sensor guna memperluas radar Tiongkok atau mengirimkan kumpulan intelijen di atas jalur laut penting itu,” kata CSIS.

Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Brunei juga sedang bersaing pengakuan di Laut China Selatan tersebut, yang dikenal di Vietnam sebagai “Laut Timur.”

Jalur air strategis ini diklaim hampir seluruhnya oleh Tiongkok, yang terus-menerus membangun instalasi militer dan lainnya di pulau-pulau buatan dan terumbu karang di sana yang telah menggerogoti wilayah tersebut dan membuat marah Washington.

Pulau-pulau yang diduduki Tiongkok di Laut China Selatan itu adalah terlarang bagi orang asing, dengan akses di bawah kendali efektif militer Tiongkok meskipun secara teknis secara administratif adalah bagian dari Provinsi Hainan selatan Tiongkok.

Rezim Tiongkok telah sering mengecam Amerika Serikat dan sekutunya tentang kebebasan operasi angkatan laut navigasi dekat pulau-pulau yang diduduki Tiongkok. Ia telah mendesak Washington untuk menghentikan pengiriman kapal perang dan pesawat militer yang dekat dengan pulau-pulau yang diklaim Beijing tersebut.

Sementara itu, Washington terus-menerus menegaskan bahwa operasi-operasi angkatan laut diizinkan di bawah hukum internasional untuk mempertahankan aksesnya ke Laut China Selatan, dan mendesak Tiongkok menghentikan militerisasinya.

Ketegangan-ketegangan di perairan itu meningkat pada 30 September, ketika kapal perang 170 RRC Angkatan Laut Tiongkok datang dalam jarak 45 yard (42 meter) dari kapal Decatur AS, ketika sedang melakukan operasi navigasi di perairan dekat Gaven Reef, memaksa Decatur melakukan manuver untuk menghindari tabrakan.

Ketika itu kapal AS sedang berlayar di dekat terumbu karang kecil yang tidak berada di dalam pangkalan yang dibangun Tiongkok di Laut China Selatan yang belakangan ini, artinya ia sedang melakukan perjalanan innocent passage, langkah Tiongkok adalah tingkat agresi yang tinggi, kata para ahli.

Innocent passage adalah hak semua kapal untuk terlibat dalam lintasan permukaan yang terus-menerus dan cepat melalui teritorial laut dan perairan kepulauan negara pantai asing dengan cara yang tidak merugikan kedamaian, ketertiban yang baik, atau keamanannya. Bagian ini termasuk berhenti dan berlabuh, tetapi hanya jika kebetulan untuk navigasi biasa atau diperlukan oleh force majeure atau marabahaya, atau untuk tujuan memberikan bantuan kepada orang, kapal, atau pesawat terbang dalam bahaya atau marabahaya. (ran)

Rekomendasi video:

Membasmi Spionase Komunis Tiongkok adalah Misi Utama

https://www.youtube.com/watch?v=mcddVHe-2bk