Erabaru.net. Individu yang peduli kesehatan tahu betapa pentingnya menjaga kebersihan produk makanan. Meskipun proses mencuci makanan seperti buah dan sayuran terlihat mudah, tapi itu sebenarnya lebih rumit dari yang Anda bayangkan.

Artikel ini mengingatkan Anda bahwa selama ini cara Anda mencuci bahan makanan itu salah!

1. Buah-buahan dan sayuran beku

(Foto: Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Buah-buahan atau sayuran yang dibekukan membuat hidup kita lebih mudah karena kita hanya perlu memasukkan produk makanan ini ke dalam panci dan memasaknya. Tetapi Anda harus tahu bahwa sebelum produk dibekukan, itu harus dicuci sebelum dimasak untuk menghilangkan kotoran dan bakteri.

2. Beras

(Foto: © Pixabay.com © Depositphotos.com)

Setiap jenis beras harus dicuci tiga hingga empat kali sebelum dimasak (terutama beras panjang). Ini karena bahaya nyata terkandung dalam pati beras. Kanji ini akan membuat nasi mengembang dan tidak menggugah selera.

Juga disarankan untuk mencuci butiran berkanki lainnya seperti jagung atau gandum agar airnya menjadi jernih.

3. Tiram dan kerang

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Semua sumber makanan dari laut harus dicuci bersih karena biasanya penuh dengan pasir dan lumpur.

4. Produk susu

(Foto: CNN.com)

Sebelum membuka sebotol susu, yoghurt dan produk cair lainnya, Anda disarankan untuk mencuci botol terlebih dahulu sebelum membukanya. Ribuan pelanggan telah menyentuh produk ini. Jadi, Anda pasti tidak ingin bakteri menempel di luar wadah dalam produk susu Anda.

5. Ikan

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Anda sebenarnya tidak perlu mencuci ikan kecuali Anda berencana untuk memakannya mentah. Temperatur yang tinggi akan membunuh semua bakteri dalam ikan. Jadi, jika Anda mencuci ikan, ada risiko bakteri pada ikan itu akan menyebar ke seluruh dapur.

Pastikan Anda selalu mencuci tangan, papan pemotong dan bahkan pisau secara menyeluruh.

6. Kubis

(Foto: Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Kol adalah salah satu sayuran yang perlu dicuci secara menyeluruh. Jika Anda ingin memasak kembang kol, Anda perlu mencuci setiap tangkai dan memisahkannya menjadi bagian-bagian kecil.

Jika Anda ingin memasak kubis merah atau kubis putih, Anda harus menyingkirkan dua lapisan luar kubis yang mengandung debu dan kotoran.

Setelah itu, rendam sayuran kubis Anda dalam air dengan cuka dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

7. Minuman kaleng

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Jangan langsung minuman kaleng tanpa mencuci dulu tutupnya. Ini karena kaleng-kaleng itu diangkut dalam truk-truk kotor dan banyak yang telah disentuh oleh para pekerja dan pelanggan.

Sebaiknya, tuangkan isi kaleng Anda ke dalam gelas untuk diminum.

8. Sayuran salad

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Pastikan bahwa setiap helai daun salad dibersihkan dan direndam dalam air dingin selama beberapa menit. Setelah itu, keringkan sebelum dimakan.

9. Apel

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Buah yang paling bergizi adalah buah yang tidak memerlukan perlakuan khusus. Jika Anda ingin makan apel, Anda harus terlebih dahulu mencucinya.

Studi menunjukkan bahwa jika buah direndam dalam campuran air dan soda bikarbonat selama 12 menit, efek kimia pada lapisan luar buah akan hilang.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular