Oleh : Jack Phillips – The Epochtimes

Erabaru.net. Lukisan Yesus Kristus berusia 1.500 tahun telah ditemukan di gurun Negev sebelah selatan Israel.

Para ilmuwan menemukan lukisan itu setelah menemukan sebuah gereja tua di desa Bizantium kuno Shivta. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Antiquity.

“Sebuah lukisan wajah Kristus yang sebelumnya tidak dikenal, baru-baru ini ditemukan di situs Bizantium Shivta, merepresentasikan pra Ikonoklastik yang dapat ditemukan di Tanah Suci,” kata abstrak temuan tersebut.

“Wajah Kristus dalam lukisan ini adalah penemuan penting dalam dirinya sendiri. Ini milik skema ikonografi dari Kristus yang berambut pendek, yang tersebar luas di Mesir dan Syro-Palestina, ”kata tim peneliti, yang terdiri dari Emma Maayan-Fanar, Ravit Linn, Yotam Tepper, dan Guy Bar-Oz.

“Teks awal abad keenam mencakup polemik mengenai keaslian tampilan visual Kristus, termasuk gaya rambutnya.”

Peneliti memperkirakan lukisan itu dibuat pada abad ke enam.

Debu dan lumpur menutupi pusat temuan , termasuk wajah Kristus. Tim peneliti menjelaskan temuan tersebut sebagai “sangat penting.” Peneliti merencanakan langkah selanjutnya.

“Selain mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang corak mode dan ikonografi, kami akan mendokumentasikan cat yang tersisa, mempelajari bahan dan teknik yang digunakan,” kata para peneliti.

Para peneliti mencatat lukisan itu mendahului ikonografi keagamaan yang sering digunakan di Gereja Kristen Ortodoks.

“Wajahnya ada di sana, menatap kami,” kata Emma Maayan-Fanar, seorang sejarawan seni yang melihat lukisan setelah gereja ditemukan seperti dilaporkan Haaretz.

“Saya berada di sana pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat dengan sudut cahaya yang tepat dan, tiba-tiba, saya melihat mata,” tambah Maayan-Fanar. “Itu adalah wajah Yesus, melihat kami.” (asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds