Erabaru.net. Saya bahkan tidak bisa menghitung berapa kali saya mendengarkan pidato ini. Itu tidak pernah berhenti menginspirasi saya dan mengisi saya dengan belas kasih.

Setiap kali saya merasa sedih, video ini dapat menghidupkan saya kembali. Saya harap semua orang di Bumi mendapat kesempatan untuk mendengar kata-kata ini dan merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan.

Kita semua adalah bagian dari satu ras yang satu … ras manusia! Kita semua memiliki kemampuan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Tolong jangan takut untuk membagikan ini dengan semua orang yang Anda kenal.

Pidato ini pertama kali dirilis pada bulan Oktober 1940, awalnya berasal dari film komedi yang disutradarai dan dibintangi oleh Charlie Chaplin. Chaplin memainkan dua karakter yang terlihat mirip aneh; tukang cukur dan seorang diktator yang mirip sekali dengan Hitler.

Menjelang akhir film, setelah serangkaian peristiwa yang tidak menguntungkan, sang diktator digantikan oleh tampangnya, tukang cukur, yang diminta untuk memberikan pidato.

Transkrip lengkap dari pidato dapat ditemukan di bawah ini!

“Saya mohon maaf tapi saya tidak ingin menjadi Kaisar – itu bukan urusan saya – saya tidak ingin memerintah atau menaklukkan siapa pun. Saya ingin membantu semua orang jika mungkin, semua golongan, pria kulit hitam, kulit putih. Kita semua ingin saling membantu, manusia seperti itu.

Kita semua ingin hidup dengan kebahagiaan satu sama lain, bukan oleh penderitaan satu sama lain.

Kami tidak ingin membenci dan membenci satu sama lain. Di dunia ini ada ruang untuk semua orang dan bumi itu kaya dan dapat menyediakan bagi semua orang.

Cara hidup bisa bebas dan indah. Tapi kami tersesat.

Kerakusan telah meracuni jiwa laki-laki – telah menghalang dunia dengan kebencian; telah menjatuhkan kita ke dalam penderitaan dan pertumpahan darah.

Kami telah mengembangkan kecepatan tetapi kami telah menutup diri: mesin-mesin yang memberi kelimpahan telah meninggalkan kita dalam kekurangan. Pengetahuan kita telah membuat kita sinis, kecerdikan kita keras dan tidak baik.

Kita terlalu banyak berpikir dan merasa terlalu kecil: Lebih dari mesin kita membutuhkan kemanusiaan; Lebih dari kepandaian kita membutuhkan kebaikan dan kelembutan. Tanpa kualitas-kualitas ini, hidup akan menjadi kekerasan dan semuanya akan hilang.

Pesawat dan radio telah membuat kita lebih dekat bersama. Hakikat dari penemuan ini mengajak untuk kebaikan dalam diri manusia, mengajak untuk bersaudara demi persatuan kita semua.

Bahkan sekarang suara saya mencapai jutaan orang di seluruh dunia, jutaan pria putus asa, wanita dan anak-anak kecil, korban sistem yang membuat pria menyiksa dan memenjarakan orang yang tidak bersalah. Bagi mereka yang dapat mendengar saya, saya mengatakan “Jangan putus asa”.

Penderitaan yang sekarang ada pada kita hanyalah berlalu, kepahitan orang yang takut jalan kemajuan manusia: kebencian manusia akan berlalu dan para diktator mati dan kekuatan yang mereka ambil dari seseorang akan kembali kepada semua orang dan selama manusia mati [sekarang] kebebasan tidak akan pernah binasa …

Tentara – jangan menyerah kepada orang-orang kasar, orang-orang yang membenci Anda dan memperbudak Anda – yang mengatur hidup Anda, memberitahu Anda apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipikirkan dan apa yang harus dirasakan, siapa yang melatih Anda, makan Anda, memperlakukan Anda sebagai ternak, seperti serdadu umpan meriam.

Jangan berikan diri Anda pada pria yang tidak wajar ini, pria mesin, dengan pikiran mesin dan hati mesin. Anda bukan mesin. Anda bukan ternak. Anda laki-laki.

Anda memiliki cinta kemanusiaan dalam hati Anda. Anda tidak membenci – hanya kebencian yang tidak dicintai. Hanya yang tidak dicintai dan tidak wajar. Prajurit – jangan berjuang untuk perbudakan, berjuang untuk kebebasan.

Di dalam pasal tujuh belas dari Kitab Lukas ditulis “Kerajaan Tuhan ada di dalam manusia” – bukan satu manusia, atau sekelompok manusia – tetapi pada semua orang – di dalam Anda.

Anda adalah orang-orang memiliki kekuatan, kekuatan untuk menciptakan mesin, kekuatan untuk menciptakan kebahagiaan. Anda adalah orang-orang memiliki kekuatan untuk membuat hidup bebas dan indah, untuk membuat hidup ini menjadi petualangan yang luar biasa.

Maka dalam nama demokrasi mari gunakan kekuatan itu – mari kita semua bersatu. Mari kita berjuang untuk dunia baru, dunia yang layak yang akan memberi pria kesempatan untuk bekerja, yang akan memberi Anda masa depan, usia tua, dan keamanan.

Dengan janji akan hal ini, orang yang kasar telah bangkit untuk berkuasa, tetapi mereka berbohong. Mereka tidak memenuhi janji mereka, mereka tidak akan pernah dilakukan. Diktator membebaskan diri mereka sendiri tetapi mereka memperbudak orang-orang.

Sekarang mari kita berjuang untuk memenuhi janji itu. Mari kita berjuang untuk membebaskan dunia, menyingkirkan penghalang nasional, menyingkirkan keserakahan, dengan kebencian dan intoleransi.

Mari kita berjuang untuk musyawarah dunia, dunia di mana sains dan kemajuan akan menuntun pada kebahagiaan semua pria. Tentara – atas nama demokrasi, mari kita semua bersatu! ”(aji/yant)

Sumber: higherperspectives

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds