Budapest – Seorang dokter di Hongaria memberi resep unik kepada pasien penyakit paru-paru. Dia merekomendasikan bentuk baru terapi fisik dan spiritual, bernyanyi di depan umum sebagai bagian dari paduan suara.

Paduan suara ‘Breathing for the Soul’ dibentuk musim semi ini. Mereka memberikan penampilan keduanya baru-baru ini di ballroom dari Hotel Budapest.

Anggotanya, banyak yang sakit parah dengan penyakit paru obstruktif kronik dan dipilih dari sejumlah rumah sakit di Hungaria. Mereka mengatakan bernyanyi telah meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Saya tidak pernah berpikir dalam hidup saya bahwa saya akan bernyanyi,” ujar Maria Aranyi, 74 tahun, yang telah menderita asma serius selama satu dekade.

“Setelah hari kelabu, ada tempat di mana saya merasa membaik. Setelah bernyanyi, saya melihat bahwa saya juga bisa bernafas lebih mudah.”

Banyak pasien penyakit paru menjadi terhambat dalam kehidupan sehari-hari dan semakin terisolasi. Bernyanyi dalam sebuah paduan suara telah membawakan mereka teman baru.

Dokter Katalin Vardi, muncul dengan ide untuk membentuk paduan suara setelah mengetahui bahwa pasien yang sama di negara lain telah menemukan manfaat dari aktivitas bernyanyi.

Dia mengatakan memperkenalkan konser telah memberikan rasa dan tujuan baru bagi orang-orang yang harus mengatasi pemikiran bahwa gejala mereka bisa memburuk karena penyakit terus berkembang.

“Kami menaikkan tantangan untuk mereka, untuk mengubah citra mereka sendiri,” kata Vardi.

“Dengan komunitas ini, mereka dapat menunjukkan bakat mereka kepada dunia dan fakta bahwa mereka bekerja bersama untuk ini, adalah perasaan yang sangat positif bagi mereka.”

Lagu-lagu itu dipilih untuk menampilkan kemampuan pasien oleh konduktor Gyorgy Philipp, yang mengatakan konser itu merupakan tantangan besar bagi orang-orang yang belum pernah naik panggung.

“Kami memilih lagu yang memungkinkan pasien untuk dapat melakukan garis yang lebih panjang, lebih sulit dan mereka dapat mengembangkannya melalui sistem itu,” katanya. (Reuters/The Epoch Times/waa)

Video Pilihan :

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular