Erabaru.net. Sebuah kafe dengan para pelayannya robot yang dikendalikan oleh orang-orang lumpuh telah dibuka di Tokyo, Jepang.

Kafe, yang disebut Dawn ver.β, diresmikan pada 26 November lalu.

Sepuluh orang dengan kondisi seperti ALS (Amyotrophic lateral sclerosis) dan cedera tulang belakang lainnya saat ini bekerja di Dawn, menurut Sankei.

Dari rumah masing-masing, mereka mengoperasikan OriHime-D, robot setinggi 120 sentimeter yang berkomunikasi, bergerak di sekitar dan menangani objek.

Di belakang OriHime-D adalah Ory, startup yang mengembangkan robot untuk orang-orang cacat.

Dalam sebuah video, seorang wanita yang lumpuh terlihat “mengetik” perintah melalui matanya.

Robot OriHime-D juga dapat digunakan oleh orang-orang yang terlibat dalam perawatan anak, perawatan atau kegiatan lain yang membuat mereka tidak bisa meninggalkan rumah atau lokasi tertentu.

“Bahkan mereka yang tidak bisa keluar dapat bekerja melalui alter ego ini dan memiliki peran dalam masyarakat,” kata Ory.

Dawn (Diverse Avatar Working Network), berdasarkan pada kafe yang sama di fil animasi 2008 “Time of Eve,” membayangkan sebuah kedai kopi di mana manusia dan robot berinteraksi sebagai sederajat, SoraNews24 mencatat.

Kafe, yang terletak di distrik Akasaka, Tokyo, Jepang, adalah upaya bersama antara Ory, All Nippon Airways (ANA), Nippon Foundation, dan Asosiasi Konsultasi Robot Avatar (ARCA).

Untuk layanan mereka, setiap operator dibayar 1.000 yen (sekitar 125 ribu rupiah) per jam, upah standar untuk kerja paruh waktu di Jepang.

Namun, Dawn hanya akan beroperasi hingga 7 Desember ini.

Dawm menggalang dana menjelang pembukaannya, telah berhasil mengumpulkan 1,5 juta yen (188 juta rupiah). Dengan dukungan yang berkelanjutan, pembukaan penuh diharapkan pada 2020.

Dawn dibuka pada 3 Desember dari jam 13.00. sampai jam 5 sore .(yant)

Sumber: nextshark.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular