Erabaru.net. Ratusan penumpang KM Gerbang Samudra I berhasil dievakuasi setelah terjadi kebakaran. Kapal roro itu berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tujuan Pelabuhan Bandarmasih, Banjarmasin terbakar, Minggu (2/12/2018) dinihari.

Melansir dari situs resmi Basarnas, Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Satrio Nurridanto mengatakan penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I yang selamat dari kebakaran dievakuasi oleh KM Kumala yang pada saat kebakaran berada di sekitar Tempat Kejadian Kecelakaan, dan kemudian dievakuasi ke Surabaya

Data sementara yang diperoleh dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak menyebutkan, jumlah penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I yang diselamatkan sebanyak 130 orang.

“Tiga orang ABK yang belum ditemukan, terdiri dari satu orang Kapten dan dua orang kadet,” demikian keterangan Basarnas.

Mereka yang dievakuasi dalam kondisi selamat, terdiri dari 72 orang penumpang, 31 orang ABK serta 27 orang sopir dan kernet. Di antara mereka, ada tiga orang yang terluka, satu orang mengalami luka bakar, satu orang kakinya terkilir dan satu orang mengeluhkan sesak nafas.

“Ketiga orang yang terluka dibawa ke Rumah Sakit PHC Surabaya untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Sedangkan mereka yang mengalami luka ringan, seperti lecet, mendapatkan penanganan medis di titik kumpul.,” tambah Satrio.

Berdasarkan keterangan dari ABK KM Gerbang Samudera I, kapal terbakar tidak lama setelah bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke Banjarmasin, yaitu sekitar pukul 01.00 WIB.
Tempat Kejadian Kecelakaan di sekitar perairan laut pulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 35′ S 112° 54′ E.

Selain KM Kumala dan tim operasi Kantor SAR Surabaya, sejumlah pihak juga ikut dalam upaya evakuasi para penumpang dan ABK KM Gerbang Sentosa I, diantaranya KN SAR 225 Widura, Syahbandar Tanjung Perak, KN Grantin, Ditpolair Polda Jatim, Polres Tanjung Perak, KKP, DLU, Linmas kota Surabaya, Dinkes dan Dinsos kota Surabaya, Lantamal V dan Pelindo III Tanjung Perak.

Tim KN SAR 225 Widura masih melakukan pencarian tiga orang ABK KM Gerbang Samudera I yang belum ditemukan.

Berikut kronologi kebakaran yang diperoleh Tribun Banjarmasin :

– Pada Jam 01:40 Wib Kepanduan Karang jamuang Panggil-2 Gerbang Samudra 1 di Ch. 16 dan dijawab oleh Poleng Marine Terminal (Bp. Santo) bahwa GS 1 terbakar pada Posisi 06′ 35.975 S / 112′ 54.389 E pada saat proses evakuasi penyelamatan jiwa dilaut, dilakukan Crewboat Pan Marine XI.
– Pada Jam 01:45 Wib VTS Surabaya Menyampaikan berita diatas, dan minta tolong intuk disampaikan pada pihak terkait di Surabaya.
– Pada Jam 02:00 Wib Pan Marine XI menyampaikan Jumlah Passanger (+/- 100 orang termasuk ABK) masih proses evakuasi korban dan masih kurang 6 0rang yang jatuh dilaut.
– Pada Jam 02:05 Wib Kumala Minta tolong mendekat ke posisi untuk evakuasi / transfer korban dari Pan Marine ke Kumala untuk dibawa ke Surabaya.
– Pada Jam 02:10 Wib Monitor Ch. 16 Pan Marine menemukan 3 orang terapung di laut.
– Pada Jam 02:15 Wib KRI 386 Menyampaikan bahwa KM Gerbang Samudra hanyut kearah barat dan masih terbakar .
– Pada Jam 02:25 Wib Monitor Ch. 16 Pencarian korban msh kurang 3 orang (Captain dan 2 orang Kadet Cewek).
– Pada Jam 02:40 Wib Kumala mulai proses transfer korban dari Pan Marine XI.
– Pada Jam 03:00 Wib Proses Transfer korban ke Kumala telah selesai dan Kumala melanjutkan perjalanan ke Surabaya.
– Pada Jam 03:05 Wib Pan Marine XI masih melanjutkan pencarian korban (3 Orang belum ditemukan).
– Pada Jam 08.33 Wib KM KUMALA telah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan selanjutnya dilakukan langkah penanganan terhadap semua penumpang.

(asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds