Erabaru.net. Apa itu Nebula? Nebula adalah awan debu dan gas raksasa di angkasa. Beberapa nebula (lebih dari satu nebula) berasal dari gas dan debu yang dibuang oleh ledakan bintang yang hampir mati, seperti supernova. Nebula lain adalah wilayah di mana bintang baru mulai terbentuk. Untuk alasan ini, beberapa nebula disebut “pembibitan bintang.”

Menara debu dan gas kosmik ini membentuk bagian dari Nebula Elang. Pilar Penciptaan ini adalah bagian dari wilayah pembentuk bintang aktif di dalam nebula.

Credit: NASA, ESA dan Tim Hubble Heritage (STScI / AURA) Bagaimana bentuk bintang dalam nebula?

Nebula terbuat dari debu dan gas — kebanyakan adalah hidrogen dan helium. Debu dan gas dalam nebula sangat menyebar, tetapi gravitasi dapat perlahan-lahan mulai menarik bersama-sama gumpalan debu dan gas tersebut. Ketika gumpalan ini semakin besar dan besar, gravitasi mereka menjadi semakin kuat.

Akhirnya, gumpalan debu dan gas tersebut menjadi begitu besar hingga runtuh dari gravitasinya sendiri. Keruntuhan menyebabkan material di tengah awan memanas dan inti panas ini adalah awal dari sebuah bintang.

Di mana nebula?

Nebula ada di ruang antara bintang-bintang – juga dikenal sebagai ruang antar bintang. Nebula yang paling dikenal di Bumi disebut Helix Nebula. Ini adalah sisa bintang yang sekarat — mungkin yang dulunya seperti Matahari.

Jaraknya adalah sekitar 700 tahun cahaya dari Bumi. Itu berarti bahkan jika Anda bisa bepergian dengan kecepatan cahaya, masih dibutuhkan waktu waktu hingga 700 tahun untuk sampai ke sana!

Gambar ini mungkin terlihat seperti bola mata yang menyeramkan, tetapi sebenarnya ini adalah nebula! Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA menangkap gambar Helix Nebula ini, yang terletak di konstelasi Aquarius – sekitar 700 tahun cahaya dari Bumi. Credit: NASA / JPL-Caltech / Univ. dari Arizona

Bagaimana kita tahu seperti apa nebula itu?

Astronom menggunakan teleskop yang sangat kuat untuk mengambil gambar nebula yang jauh. Teleskop ruang angkasa seperti Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA dan Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menangkap banyak gambar nebula yang berada sangat-sangat jauh dari bumi. (rpg)

Sumber: educateinspirechange

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds