oleh Chen Juncun

Presiden AS Donald Trump pada Kamis (6/12/2018) dalam menanggapi pernyataan Beijing yang menyebutkan bahwa pihaknya yakin kesepakatan perdagangan bisa tercapai dalam 90 hari, mengatakan : “Saya setuju”.

Setelah Trump – Xi jinping mencapai kesepakatan ‘gencatan senjata’ konflik perdagangan untuk sementara waktu, Tiongkok harus segera memulai negosiasi dengan AS mengenai reformasi struktural ekonomi. Jika kedua negara gagal mencapai kesepakatan dalam 90 hari, AS akan mulai memberlakukan tarif baru.

Baru-baru ini Trump mencuit: “Perwakilan Dagang Robert Lighthizer bersama Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Kepala Penasihat Ekonomi Larry Kudlow, Menteri Perdagangan Wilbur Ross dan Penasihat Perdagangan dan Manufaktur Gedung Putih Peter Navarro, mereka akan bekerja sama erat untuk melihat apakah dapat mencapai kesepakatan nyata dengan Tiongkok. Jika memungkinkan, kami akan menyelesaikan kesepakatan.”

Bolton : Perubahan struktural ekonomi dapat berdampak pada struktur politik Tiongkok komunis

Pada Kamis, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton dalam sebuah wawancara dengan National Public Radio (NPR) mengatakan bahwa restrukturisasi ekonomi AS yang sedang diupayakan Amerika Serikat dapat berdampak pada struktur politik Tiongkok komunis.

Bolton mengatakan : “Saya pikir apa yang harus kita lakukan adalah untuk melihat apakah kita dapat menyelesaikan beberapa masalah struktural dalam ekonomi Tiongkok dalam 90 hari ke depan sebagaimana topik negosiasi yang disetujui oleh Presiden Trump dan Presiden Xi. Saya pikir ini juga mungkin akan memiliki implikasi yang luas terhadap struktur politik mereka.”

Dia mengatakan bahwa tanpa liberalisasi politik, tidak mungkin untuk memiliki keterbukaan ekonomi, dan keduanya ini terkait erat. “Ini bukan tujuan kami, tetapi jika teori ini benar, maka kita akan melihat hasil positipnya.” (Sin/asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds