Erabaru.net. Pencemaran plastik dan sampah yang mengambang di saluran air adalah isu global yang tersebar luas. Polusi ini tidak hanya berbahaya bagi manusia, tetapi juga untuk satwa liar.

Untuk mengatasi masalah ini terkadang hanya membutuhkan langkah sederhana, dan ini adalah salah satunya – pemasangan jaring drainase.

(Foto: City of Kwinana/Facebook)

Pada bulan Maret 2018 menyaksikan sebuah kota di Australia, Kwinana menjadi perhatian global ketika mereka memutuskan untuk memecahkan masalah pencemaran air dengan memasang jaring pada drainase air di Henley Reserve untuk menjebak sampah melalui saluran pembuangan.

Jaring drainase atau lebih dikenal sebagai “perangkap sampah” diletakakkan untuk mengurangi pelepasan limbah dari sistem drainase dari mengalir ke cagar alam. Perangkap ditempatkan di dua saluran pipa drainase, yang terletak di antara area pemukiman dan alam sekitar kota.

(Foto: Storm Water Systems)

Keseluruhan biaya (termasuk biaya manufaktur, instalasi dan pekerjaan sipil) untuk perangkap sampah adalah sekitar 20.000 dollar (sekitar 290 juta rupiah).

Jebakan sampah terbukti sangat menghemat biaya, karena mengunakan tenaga kerja semakin sedikit. Perangkap ini juga cukup mudah dipasang dan ketika muatan penuh, perangkap sampah ini akan diangkut menggunakan derek.

Setelah pemasangan pada bulan Maret, dalam waktu empat bulan, jaring ini menjerat sekitar 370 kg sampah.

(Foto: Storm Water Systems)

Limbah yang terakumulasi kemudian diangkut ke pusat pemisahan limbah, di mana limbah hijau yang dapat didaur ulang dan bahan yang dapat didaur ulang atau yang tidak dapat didaur ulang akan diisolasi.

Penduduk setempat tentu puas dengan ide yang praktis tetapi sangat fungsional ini. Bahkan, satwa liar juga mendapat manfaat dari sumber air bersih dan lingkungan yang aman.

Setelah pihak berwenang setempat mengunggah di situs Facebook mereka, kiriman tersebut menjadi viral dalam waktu kurang dari 48 jam.

(Foto: Old Castle Infrastructure)

“Keberhasilan unggahan itu dengan lebih dari 27 ribu berbagi, 92 ribu ‘likes’ dan 13 ribu ‘suka’ hanya dalam waktu 48 jam dari pengguna di seluruh dunia, menunjukkan betapa pentingnya bagi pemerintah untuk benar-benar mulai fokus pada inisiatif lingkungan seperti ini dan menyadari bahwa tindakan kecil dapat berdampak besar, “kata Walikota, Carol Adams.

(Foto: Storm Water Systems)

Kota Kwinana berencana untuk memasang dua jaringan drainase lagi pada tahun 2019. Kota ini telah memutuskan bahwa langkah ini adalah cara yang paling efektif dan hemat biaya untuk memastikan air yang bebas dari sampah.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular