Erabaru.net. Pada masa Negara-Negara Berperang di Tiongkok, ada sebuah peristiwa.

Saat itu ada dua kerajaan yang sedang berperang, pihak kerajaan Xue yang lebih kecil dan lebih sedikit pasukannya, berperang dengan kerajaan Yu, yang jumlah pasukannya lebih besar.

Suatu kali pertempuran tidak dapat dihindarkan lagi, dan kedua pihak tahu bahwa mereka akan segera bertempur di sebuah lembah.

Jumlah tentara kerajaan Xue hanya 1.000 orang, sementara jumlah tentara kerajaan Yu adalah 3.000 orang.

Jumlah tentara yang berbeda cukup jauh ini jelas menjadi kekhawatiran bagi pihak kerajaan Xue, bala tentaranyapun merasa ketakutan, namun tidak ada seorangpun yang berani untuk tidak mematuhi jenderal perang mereka, sehingga walaupun harus menghadapi musuh yang jumlahnya tiga kali lipat dan kemungkinan menang yang kecil, mereka tetap maju berperang.

Ilustrasi. Kredit: acast.com

Tentara Xue ini dipimpin oleh seorang jenderal bernama Pang. Jenderal Pang segera menyadari bahwa sebetulnya pasukannya ketakutan dan tidak mau berperang namun juga tidak berani melawan perintah.

Akhirnya dia menemukan sebuah cara untuk mengatasi ketakutan pasukannya.

Sebelum berangkat ke medan pertempuran, jenderal Pang mengadakan sembahyang besar dan memohon kepada Langit, kemudian dia berkata kepada seluruh tentaranya, ” Saya akan memohon petunjuk kepada Langit, saya akan melempar koin ini tiga kali, jika kita akan memenangkan pertempuran, maka sisi kepala akan muncul tiga kali, jika sekali saja sisi ekor muncul, maka kita akan kalah. Nasib kita ditentukan hari ini!”

Ilustrasi. Kredit: primaltrek.com

Jenderal Pang kemudian melempar koinnya ke udara.

Para tentara menunggu hasilnya dengan perasaan tak menentu.

Ternyata yang muncul adalah sisi kepala.

Semua tentara merasa sedikit lega, namun masih sangat cemas.

Koin kemudian dilempar untuk kedua kali.

Sisi kepala kembali muncul.

Para tentara mulai merasa senang, rasa takut mereka mulai berkurang dan semangat mereka mulai tumbuh.

Kemudian koin dilempar untuk ketiga kalinya.

Yang muncul adalah sisi kepala! Ternyata tiga kali koin dilempar, sisi kepala muncul tiga kali.

Jenderal Pang berkata dengan keras, “Langit sudah menentukan, kita akan menang!”

Kata-kata jenderal itu disambut dengan suara gemuruh pasukannya yang kini telah menjadi sangat bersemangat, dan berani maju berperang dengan penuh keyakinan.

Merekapun berangkat ke medan pertempuran.

Tanpa diduga, ternyata pasukan Xue yang hanya berjumlah 1.000 orang, berhasil keluar sebagai pemenang.

Mereka pulang sambil membawa kemenangan.

Seorang kepala pasukan berkata kepada jenderal Pang, “Langit sudah menentukan, kita memang akan menang,” namun jenderal Pang menjawab, “Oh benarkah?” Sambil menunjukkan kepingan koin yang dia gunakan untuk toss, ternyata koin itu adalah kepala di kedua sisinya.

Jika Anda berbuat baik, Anda akan mendapatkan balasan kebaikan, jika Anda berbuat buruk Anda akan mendapat balasan keburukan. Baik atau buruk, sukses atau gagal, apapun itu, Anda sendirilah yang menjadi penentu nasib Anda sendiri. (an/jul)

Sumber: pencerahansejati.com

Video Rekomendasi:

Era Baru

Share

Video Popular