- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kisah Tentang Tas Berisi Koin Emas

Erabaru.net. Roby adalah seorang yang serakah dan egois. Dia selalu ingin memiliki banyak kekayaan dan tidak pernah ragu untuk menipu orang lain untuk mendapatkan uang. Juga, dia tidak pernah ingin berbagi apa pun dengan yang lain.

Dia sangat egois sehingga dia ingin memiliki segalanya untuk dirinya sendiri. Pria yang egois biasanya menghitung setiap aspek kecil. Dia membayar sangat sedikit upah kepada para pelayannya. Kemana pun dia pergi, dia menghitung banyak untuk menghemat dengan menipu orang lain.

Dia juga mengatakan banyak kebohongan untuk melindungi kekayaannya. Jelas, Boby adalah antonim untuk kata KEJUJURAN.

[1]
Ilustrasi. Kredit: proprofs.com

Namun, akhirnya dia mendapat pelajaran yang bagus akibat aktingnya sendiri.

Suatu hari, ia melupakan sebuah tas, yang berisi 100 koin emas. Dia segera mencari tas koin emas itu siang dan malam. Dia mengirim pekerjanya untuk mencari tas kemana-mana, tetapi tidak ada yang bisa menemukannya.

Dia memberi tahu teman-teman dan tetangganya bahwa dia telah kehilangan sebuah tas berisi koin emas dan meminta mereka untuk memberitahukan jika mereka menemukannya. Roby sangat sedih karena kehilangan begitu banyak koin emas.

Setelah beberapa hari, seorang gadis kecil berusia sepuluh tahun, yang tinggal tidak jauh dari rumah Roby, memberi tahu Ayahnya bahwa dia telah menemukan sebuah tas dengan 100 koin emas di dalamnya.

[2]
Ilustrasi. Kredit: sobatcaca.com

Dia memberi tahu putrinya bahwa itu adalah uang milik tuannya yang telah hilang beberapa hari lalu, dan menambahkan bahwa dia akan mengembalikan tas itu kepada tuannya.

Mereka sendiri bukan orang yang kaya raya dan mereka jelas membutuhkan uang itu, namun mereka sangat jujur ​​dan merasa harus mengembalikan koin berharga itu kepada pemiliknya.

Dia mengembalikan tas itu kepada Roby, Roby merasa sangat senang karena tasnya yang hilang telah kembali, namun karena serakah dan licik, dia memutuskan untuk memainkan tipuan. Dia berteriak, ‘Seharusnya ada 150 koin emas di tas ini dan Anda hanya mengembalikan 100! Di mana koin-koin yang lain? Anda telah mencurinya! ”

Pria itu terkejut mendengar kata-kata Roby dan dia mengatakan dengan sungguh bahwa dia memberikan semua yang telah ditemukan putrinya. Roby yang egois dan tamak tidak menerimanya dan mereka memutuskan untuk membawa masalah ini ke pengadilan untuk mendapatkan penilaian yang benar.

Hakim mendengar kisah dari kedua sisi. Dia memeriksa anak perempuan dan pekerja itu tentang jumlah koin yang mereka temukan di tas, dan mereka yakin itu hanya 100!

Dia memeriksa silang Roby dan Roby menjawab, “Ya Yang Mulia, saya punya 150 koin emas di tas saya dan sekarang mereka memberi saya hanya 100! Mereka telah mencuri 50 koin saya! ”

Hakim bertanya,”‘Apakah Anda yakin Anda memiliki 150 koin?” Roby menganggukkan kepalanya.

[3]
Ilustrasi. Kredit: socialpost.news

Kemudian hakim membuat penilaiannya, ‘Karena Roby kehilangan tas berisi 150 koin emas, sedangkan tas yang ditemukan oleh gadis itu hanya berisi 100 koin, maka berarti tas itu bukan milik Boby. Jika ada orang lain yang menemukan tas berisi 150 koin emas, itu barulah milik Boby.”

Kemudian hakim melanjutkan, “Juga, karena tidak ada klaim yang menyatakan telah kehilangan tas berisi 100 koin emas, maka tas saya putuskan bahwa gadis kecil dan Ayahnya yang menemukan tas itu, adalah pemilik dari tas berisi 100 koin tersebut, sebagai penghargaan atas kejujuran mereka, karena mau mengembalikan sebuah tas yang mereka temukan!” (ss/jul)

Sumber: pencerahansejati.com

Video Rekomendasi:

Era Baru