Erabaru.net. Di banyak negara di dunia, Natal dikaitkan dengan musim dingin dan, oleh karena itu, juga disertai dingin. Pada gilirannya, kita biasanya mengasosiasikan dingin dengan flu dan berbagai gejala alergi seperti batuk, rinitis, mata berair, bersin-bersin, hidung gatal dan masalah pernapasan.

Tapi apakah Anda percaya bahwa gejala-gejala ini mungkin tidak ada hubungannya dengan dingin, tetapi dengan pohon Natal yang menghiasi ruangan Anda?

(Foto: Koldunov / Shutterstock.com)

Itu benar, “Alergi Natal” bisa dibuktikan secara ilmiah, tapi itu benar-benar bukan tentang alergi terhadap musim perayaan, juga bukan karena dingin itu sendiri, melainkan pohon pinus yang untuk menghiasi rumah kita, terutama jika yang ini alami. Itulah mengapa kondisi ini dikenal sebagai sindrom pohon Natal.

Meskipun benar bahwa sindrom ini tidak diketahui dengan baik, Yayasan Asma dan Alergi Amerika (AAFA) telah melaporkan bahwa 13% penduduk Amerika Serikat menderita karenanya. Bahkan, ada beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa orang-orang yang alergi mengalami peningkatan gejala mereka dengan memiliki pohon Natal alami di rumah mereka.

(Foto : Sari ONeal / Shutterstock.com)

Satu penelitian mengungkapkan bahwa spora jamur meningkat lebih dari 5 kali dalam jangka waktu hanya dua minggu dengan memiliki pinus alami di rumah. Setelah ini, pada tahun 2011, Universitas Kedokteran Negara Bagian New York melakukan penelitian baru, di mana mereka menganalisis 28 pohon Natal dan menemukan tidak lebih dan tidak kurang dari 53 spesies jamur hadir di dalamnya.

70% dari jamur yang ditemukan adalah penyebab gejala khas alergi musiman dan bahkan bisa memicu masalah pernapasan seperti bronkitis atau pneumonia jangka panjang, seperti yang terjadi ketika Anda tinggal di rumah dengan jamur. Apa yang terjadi adalah bahwa, ketika dalam suasana hangat, seperti ruang tamu rumah, hadir dalam cetakan pohon memainkan jauh lebih cepat daripada partikel normal dan beracun dilepaskan ke udara dan terhirup oleh manusia.

(Foto: Kateryna Kon / Shutterstock.com)

Bagaimana cara menghindari sindrom pohon Natal?

  • Hiasi dengan pohon buatan, bukan yang alami. Ini adalah solusi yang paling direkomendasikan oleh para ahli. Jika Anda adalah penggemar bau khas Natal, Anda dapat menggunakan pengharum buatan atau Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengatur rumah Anda tanpa memiliki pinus di rumah.
  • Jika Anda bersikeras membeli pohon alami, bersihkan dengan baik. Sebelum Anda membawa pohon ke ruang tamu Anda, bersihkan dengan kompresor udara atau lavender menggunakan tekanan air dan tunggu hingga benar-benar kering sebelum membawanya di dalam.
  • Jika Anda memiliki pohon buatan, pastikan Anda menyimpannya dengan benar. Bahkan pinus buatan dapat menyebabkan alergi jika, ketika disimpan, mereka mengumpulkan spora debu dan jamur. Pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh setiap tahun sebelum memasangnya.

Konsultasikan dengan dokter. Jika Anda memiliki gejala alergi, pergilah ke dokter spesialis untuk meresepkan obat yang membantu meringankan mereka.

(Foto : S_L / Shutterstock.com)

Kita tahu bahwa salah satu hal terbaik tentang Natal adalah bau harum pinus yang kita semua ingin bawa ke rumah kita, tetapi ingatlah bahwa, di atas segalanya, ada kesehatan Anda.(yant)

Sumber: fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular