Colin Fredericson

Erabaru.net- Masker kecantikan yang berlogo Kim Jong  ditarik dari rak-rak toko Korea Selatan. Ini setelah terjadi kontroversi karena dinilai menggambarkan citra positif tentang pemimpin komunis Korea Utara.

Produser produk kecantikan ini, 5149, mengatakan kepada The New York Times bahwa pihaknya telah menjual 25.000 masker ini di toko dan online sejak Juni lalu.

Kepala Eksekutif Perusahaan, Kwak Hyeon-ju, mengatakan bahwa masker kecantikan ini dijual dalam rangka merayakan KTT antar Korea pada awal tahun ini.

“Fakta diktator terburuk di dunia – yang melanggar HAM dari penduduknya – digambarkan sebagai seseorang yang dapat menjadi bagian dari membuat perdamaian dunia menunjukkan bahwa masyarakat Korea Selatan telah kehilangan kemampuan untuk menyaring dan mengendalikan situasi,” kata Kang Dong-wan, seorang profesor budaya dan politik Korea Utara di Dong-A University di Busan, Korea Selatan kepada NYT.

Tapi Kepala Eksekutif perusahaan ini memiliki pandangan berbeda. Kwak berbicara tentang bagaimana dia memandang pertemuan antar-Korea dan saat Presiden Korea Selatan, Moon, melangkahi perbatasan dengan Kim.

“Saya tidak tahu apa arti Kim Jong-un di Korea Utara atau apa yang dia wakili secara politik, tetapi seluruh negara Korea Selatan senang,” kata Kwak kepada NYT.

 “Aku ingin menepuk bahu Kim Jong-un karena datang.” Tetapi beberapa orang merasa bahwa Korea Selatan hanya ditipu oleh Korea Utara, sementara kengerian yang disebabkan oleh Kim diabaikan. 

“Ambisi nuklir Kim Jong-un dapat dibenarkan dan bahkan diperindah oleh kata-kata ‘paket masker bom nuklir,'” kata Park Sang-hak, selaku pimpinan Pejuang Pembebasan Korea Utara kepada NYT.

Park mengacu pada nama yang dimaksudkan dengan permainan, namun tidak menyenangkan.

Penggambaran yang menguntungkan dari Korea Utara sebenarnya ilegal di Korea Selatan, sejak Undang-Undang disahkan pada tahun 1948. Namun, jarang diberlakukan  di negara itu.

Sebuah iklan di akun Instagram resmi 5149 menunjukkan  promo terhadap produk yang dibanjiri dengan sindiran, mengolok-olok siaran berita Korea Utara , tes nuklir rezim, dan kepribadian Kim.

Adapun kekuatan masker kecantikan ini, seharusnya mengandung air dari Pegunungan Paektu di perbatasan dengan China dan Korea Utara, sebagaiman dilaporkan Sky News.

Pegunungan Paektu adalah lokasi di mana presiden Korea Selatan dan pemimpin Korea Utara berfoto bersama di akhir pertemuan September mereka.

Kim dan Moon telah bertemu tiga kali tahun ini. Pertemuan ini menjadi tonggak bersejarah dalam hubungan diplomatik antara kedua negara.

Mereka telah bertemu dua kali di area keamanan bersama di perbatasan dan satu kali di Pyongyang seperti ditulis Sky News.

Kim mengatakan dia akan berkunjung ke Seoul. Namun demikian, Sky News menulis bahwa pertemuan berikutnya tidak disebutkan lagi setelah pertemuan September lalu.

Sejumlah kantor berita menyebut, kedatang Kim ke Seoul tak tak akan terungkap, hanya setelah pertemuan itu terjadi. Perkiraan ini sebagaimana terwujudnya perjalanan Kim ke Tiongkok pada  Maret lalu.

Seorang teman Kim, pengusaha Kanada Michael Spavor, baru-baru ini ditahan di Tiongkok karena dicurigai “merusak keamanan nasionalnya.” Penangkapan itu dinilai sebagai reaksi atas penangkapan baru-baru ini oleh pemerintah Kanada terhadap petinggi Huawei, Meng Wanzhou. (asr)

Sumber :  NTD News

Share

Video Popular