Erabaru.net. Pada awal tahun 1800-an, banyak serigala berkeliaran di Jepang. Karena serigala dapat memburu hewan liar seperti rusa atau babi hutan yang memakan tanaman, sehingga petani Jepang sangat menghormati serigala.

Tetapi setelah westernisasi penuh pada tahun 1870-an, segalanya berubah. Pemerintah menggalakkan rencana pemusnahan, orang-orang mulai berburu serigala Jepang. Setelah serigala Jepang punah, perkembangbiakan hewan liar seperti babi hutan, rusa di beberapa daerah terlalu ekstrim.

Sekarang petani di Jepang menciptakan “robot serigala”sebagai pengganti serigala sungguhan.

Para petani menciptakan robot serigala yang disebut Super Monster Wolf yang akan ditempatkan di pedesaan dekat Kota Kisarazu, untuk menakuti hewan liar yang merusak tanaman. Hasil uji coba awal robot serigala sangat berhasil, dan efeknya jauh lebih efektif daripada manusia jerami dan pagar listrik.

Chihiko Umezawa, kepala koperasi pertanian Jepang mengatakan, bahwa dalam uji coba, robot serigala terbukti efektif menakuti hewan liar dalam radius sekitar 1 km. Karena tes itu berhasil, robot serigala akan diproduksi secara massal.

Robot serigala akan melolong saat hewan lain mendekatinya. Mereka diprogram dengan sejumlah lolongan yang berbeda untuk membuat takut babi hutan, dan tentunya menjauh dari lahan pertanian. Namun, untuk dapat melindungi tanaman sejauh 1 km, diperlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Robot serigala memiliki panjang sekitar 65 cm dan tinggi 50 cm, sangat mirip dengan serigala sungguhan. Ia memiliki bulu yang tebal, sepasang taring, dan mata yang bersinar merah seperti lampu LED.

Robot serigala ini memiliki baterai yang dapat diisi ulang dengan tenaga surya dan dapat mendeteksi penyusup melalui sensor infra merah.

Robot serigala dapat melolong hingga lebih dari 50 lolongan dengan intensitas 90 desibel. Harga untuk satu unit robot serigala ini sekitar 514.000 yen (sekitar 65 juta juta rupiah).

Harga ini tidaklah murah, pihak produsen akan menyediakan cara sewa bulanan, sehingga terjangkau petani. Namun, miris rasanya setelah memusnahkan serigala, kemudian membuat robot serigala yang mahal sebagai penggantinya.(jhn/yant)

https://www.youtube.com/watch?v=midU58kUn98&feature=youtu.be

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular