Erabaru.net. Minyak neem atau mimba adalah pestisida alami, sangat baik untuk membasmi kutu tempat tidur, nyamuk dan banyak lagi. Minyak ini dihasilkan dari biji dari pohon neem dan berwarna coklat kekuningan.

Rasa minyak neem pahit dan memiliki bau agak sulfat. Mungkin kedengarannya tidak menyenangkan, tetapi ada banyak manfaat dari minyak neem ini. Tidak hanya mengendalikan hama, misalnya, itu juga membantu melindungi Anda dari malaria. Minyak ini bahkan bisa untuk perawatan kulit Anda!

Berikut ini 4 manfaat dari minyak neem:

1. Memerangi kutu tempat tidur

Manfaat minyak neem (mimba) termasuk membasmi kutu tempat tidur. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, ketika dikombinasikan dengan agen lain, minyak neem adalah agen yang aman serta efektif terhadap kutu tempat tidur, baik di rumah maupun secara komersial.

Lebih jauh lagi, manfaat minyak neem membunuh bukan hanya kutu tempat tidur dewasa, tetapi juga nimfa dan telurnya.

2. Berfungsi sebagai insektisida alami

The Journal of Insect Science meneliti manfaat minyak mimba juga. Mereka mencatat bahwa insektisida konvensional berbahaya bagi lingkungan dan seringkali mahal, terutama bila diperlukan untuk area yang luas. Itulah yang terjadi, mereka menyarankan metode yang lebih hemat biaya dan ramah lingkungan, seperti minyak neem.

Manfaat minyak mimba termasuk zat azadirachtin, yang bertanggung jawab atas 90 persen efek insektisida. Azadirachtin dapat melindungi tanaman Anda dari kerusakan yang disebabkan serangga.

Sementara manfaat minyak mimba tidak hanya pengendalian serangga secara absolut, penggunaan yang sering dapat membantu mengurangi populasi hama secara signifikan dengan membasmi mereka dan menghambat perkembangan larva.

3. Perawatan kulit

Manfaat minyak mimba tidak hanya sebagai insektisida alami tapi mereka juga baik untuk mengobati beberapa kondisi kulit. Misalnya, bermanfaat bagi kulit Anda dengan menghilangkan kulit kering, mengurangi eksim, mengobati jerawat, mengatasi kulit keriput, dan menstimulasi kolagen.

Untuk kulit kering, minyak mimba menembus jauh ke dalam kulit untuk menyembuhkan luka sangat kecil yang disebabkan oleh kekeringan yang parah.

Lebih lanjut, manfaat minyak mimba termasuk keberadaan asam lemak dan vitamin E, yang dapat meremajakan sel-sel kulit Anda tanpa meninggalkan residu berminyak.

Meskipun tidak menyembuhkan eksim, tetapi dapat menenangkan gejala merah, kering, dan gatal. Selain itu, minyak ini dapat menghaluskan keriput dan garis-garis halus, mengurangi tanda-tanda penuaan. Dan, digunakan sebagai sabun, minyak mimba dapat menawarkan manfaat antimikroba, membantu mereka yang menderita jerawat.

4. Pengusir nyamuk

Selain itu, minyak mimba adalah pengusir nyamuk yang hebat. Menurut Journal of American Mosquito Control Association, mencampurkan 2% minyak neem dengan minyak kelapa memberikan perlindungan dari nyamuk selama 12 jam. Mereka menyatakan bahwa itu aman untuk digunakan dan bahkan dapat menawarkan perlindungan di wilayah dunia di mana malaria adalah bahaya.

Peringatan:

Tidak ada dosis standar untuk produk ini sehubungan dengan usia atau kondisi kesehatan, karena itu, harus digunakan dengan hati-hati. Selanjutnya, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan minyak neem pada anak, atau jika Anda menyusui atau hamil. Dan jika Anda sedang menjalani pengobatan, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan minyak neem.(yant)

Sumber: davidwolfe.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular