Erabaru.net. Sedih dan prihatin rasanya setiap saat melihat berita terkait dengan gempa Bumi, rumah-rumah yang roboh dan orang-orang yang tidak berdaya. Kita tidak bisa mencegah gempa, tetapi bisakah kita mengurangi bahaya yang disebabkan oleh gempa Bumi?

“Arxpax”, sebuah perusahaan di Amerika Serikat ini telah berinvestasi dalam pengembangan “rumah apung magnetik”. Rumah yang bisa mengapung di udara saat terjadi gempa.

▼ Ketika terjadi gempa berkekuatan 8 Skala Richter, banyak rumah akan ambruk. Untuk meningkatkan ketahanan rumah terhadap gempa, banyak negara berusaha menemukan solusinya. Di antara yang paling umum adalah bangunan dengan sistem terpisah dari pondasi yang secara efektif mencegah kemungkinan runtuhnya rumah. Meskipun metode ini sederhana, tetapi tidak dapat memecahkan masalah yang paling mendasar.

▼ Rumah apung magnetik yang dikembangkan oleh Arxpax lebih maju daripada sistem pondasi terpisah. Ketika terjadi gempa, rumah akan langsung terpisah dari tanah dan mengapung di udara.

Dengan teknologi saat ini, sudah memungkinkan untuk mengangkat kereta seberat 60 ton, dan dengan prinsip yang sama tentu saja dapat mengangkat bangunan sebuah rumah.

▼ Sama seperti hunian umumnya, rumah seperti ini tidak selalu dalam keadaan mengapung di udara, hanya saja rumah ini dilengkapi dengan peralatan levitasi magnetik terbaru pada pondasinya yang akan mengeluarkan peringatan saat terjadi gempa. Rumah akan segera mengapung ke udara selama 2 menit saat terjadi gempa
Bumi.

Sekarang teknologi ini belum diterapkan pada kehidupan nyata. Jika teknologi terkait sudah matang, tidak tertutup kemungkinan kita dapat tinggal di rumah apung magnetik.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular