Dunia percaya bencana hak asasi manusia sedang terjadi di Provinsi Xinjiang di Tiongkok barat, dengan sejumlah besar warga Uighur dan Muslim lainnya digiring ke penjara dan kamp-kamp pendidikan ulang.

Namun bagaimana seseorang mendokumentasikan skala penahanan yang terjadi di sana?

Melalui pencarian yang sulit dan penelitian terhadap foto-foto satelit Google Earth, seorang pembangkang Tiongkok dapat menemukan 19 kemungkinan penjara dan 15 kemungkinan kamp pendidikan ulang di Prefektur Kashgar (secara resmi dikenal sebagai Prefektur Kashi), di Xinjiang, dengan total kapasitas kemungkinan untuk setengah juta orang.

Li Fang, yang tinggal di pengasingan di Finlandia, telah menghabiskan sekitar satu bulan untuk dengan bersusah payah melakukan “pencarian tabir persembunyian,” dan “menjelajah” melalui foto-foto Kashgar dari Google Earth, mencari untuk memverifikasi, atau menemukan bukti untuk, tuduhan bahwa ada lebih dari satu juta orang ditahan di kamp-kamp pendidikan ulang dan penjara-penjara di Xinjiang, dalam pengekangan besar-besaran yang diluncurkan oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Sementara lebih dari 80 persen orang Uighur di Xinjiang yang tinggal di Xinjiang selatan, hampir 38 persen, atau lebih dari 4,2 juta, tinggal di Kashgar, bagian barat daya Xinjiang.

Jadi, Li menyimpulkan, mempelajari wilayah tersebut kemungkinan memberi dunia luar sebuah jendela penting ke dalam situasi Xinjiang.

Menggunakan fungsi riwayat data Google Earth, Li awalnya menemukan bahwa beberapa penjara di Kabupaten Shule dan Kabupaten Kargilik (atau Yecheng) telah diperluas secara signifikan sejak tahun 2017.

Kemudian, ia memutuskan untuk “menjelajahi” semua kabupaten di Kashgar, dan menemukan sebanyak 19 penjara. Jika sub-penjara milik dua fasilitas utama juga dihitung, ada sebanyak 27.

Saat mencari dan mempelajari penjara-penjara tersebut, Li juga menemukan beberapa kelainan pada beberapa bangunan, komunitas, atau sekolah-sekolah. Misalnya, ada banyak kawat atau pagar berduri di dalam atau di luar tempat-tempat tersebut.

Melalui penelitian yang cermat, Li menyimpulkan bahwa ini kemungkinan menjadi kamp pendidikan ulang. Dia menemukan sekitar 20 fasilitas seperti itu di Kashgar dan memperkirakan bahwa 15 di antaranya adalah kamp-kamp alternatif yang memungkinkan.

penjara dan kamp pendidikan ulang muslim uighur di xinjiang tiongkok
Li Fang. (Akun Twitter Li Fang)

PENGAMATAN PENJARA

Kriteria Li yang digunakan untuk menemukan penjara adalah:

• Ada dinding tebal, lurus, dan tembok-tembok pelindung di bagian luarnya area;

• Menara-menara penjaga lebih tinggi daripada tembok-tembok pelindung yang dapat ditemukan di dua atau empat sudut di area tertutup tersebut;

• Biasanya, “jalan-jalan patroli” dapat terlihat di dalam dan di luar tembok-tembok pelindung yang mengurung area tersebut.

• Bangunan-bangunan di dalam tembok-tembok pelindung diletakkan sangat rata dan teratur dan berjarak jauh dari tembok. Biasanya, tidak ada kendaraan di dalam tembok-tembok tersebut.

Dengan kriteria ini, Li tidak hanya dapat menemukan 19 penjara, tetapi juga melihat proses perluasan beberapa penjara dengan bantuan riwayat data Google Earth.

Misalnya, di jangkauan 8,5 km sebelah barat Kabupaten Yarkant (kisi geografis: N: 38 ° 24’47 “. E: 77 ° 08’54”), sebuah penjara yang dibangun sebelum tahun 2007 dapat ditemukan, meliputi area seluas sekitar 1,62 hektar, dan dengan bangunan yang diperkirakan memiliki kapasitas 0.74 hektar (misalnya, bangunan dua lantai yang mencakup 0,4 hektar akan memiliki kapasitas 0,8 hektar).

Foto Google Earth dari penjara yang sama pada tahun 2014 menunjukkan bahwa itu telah diperluas, mencapai 1,67 hektar lahan baru. Di area-area yang telah ditambahkan tersebut, bangunan-bangunan baru memiliki kapasitas 1,41 hektar, sementara dua bangunan baru di area lama memiliki kapasitas 0,31 hektar.

Foto Google Earth pada 21 Oktober 2017, menunjukkan penambahan 3,76 hektar, dan bangunan dengan kapasitas 2,39 hektar, sementara foto pada 8 Mei 2018, menunjukkan bahwa area baru lainnya seluas 1,47 hektar telah ditambahkan, dengan sebuah bangunan kapasitas 1,08 hektar.

Jadi, pada Mei 2018, total area untuk penjara-penjara ini adalah 8,53 hektar, yang bangunannya memiliki kapasitas sekitar 5,8 hektar.

Dan foto-foto Google Earth menunjukkan bahwa fasilitas tersebut masih sedang diperluas.

PENGAMATAN KAMP-KAMP PENDIDIKAN ULANG

Kriteria yang digunakan Li untuk menemukan kamp-kamp pendidikan ulang adalah:

• Ada tembok-tembok yang melingkupi dan kawat-kawat berduri di sekitar area;

• Ada tembok-tembok penyekat, atau kawat berduri, atau pagar-pagar besi di dalam kamp-kamp tersebut, yang membagi kelompok bangunan tersebut menjadi beberapa area terpisah;

• Ada fasilitas-fasilitas seperti tempat-tempat perlindungan penjaga di area-area tersebut;

• Area-area tersebut sangat “sunyi”, tanpa kendaraan atau sangat sedikit kendaraan di dalamnya;

• Karakteristik-karakteristik di atas umumnya muncul secara bersamaan setelah tahun 2017.

Dengan menggunakan kriteria ini, Li dapat menemukan 15 kamp pendidikan ulang yang memungkinkan di Kashgar.

citra satelit penjara yang menahan muslim uighur di xinjiang tiongkok
Sebuah kamp pendidikan yang dicurigai di Prefektur Kashgar, Provinsi Xinjiang, sekitar 2,45 mil di sebelah timur Shule City, diidentifikasi oleh Google Maps saat foto diambil pada 8 September 2018. (Google Maps via Twitter Li Fang’s Twitter)

Misalnya, sekitar 3,94 km di sebelah timur Shule City (kisi geografis: N: 39°24 27″. E: 76°05 ’38”), sebuah kamp pendidikan yang memungkinkan berada di sana.

Foto satelit dari Februari 2016 menunjukkan bahwa area tersebut terlihat seperti sekolah, yang mencakup area seluas sekitar 3,5 hektar, dengan perkiraan kapasitas bangunan 1,22 hektar.

Sepanjang sejarah data yang ada, perluas dapat terlihat, dimulai pada Agustus 2016. Pada Juli 2017, beberapa bangunan beratap biru telah ditambahkan, dan kepadatannya cukup tinggi. Pada November 2017, perluasan di daerah pinggiran dimulai, dan banyak rumah di sekitar lokasi tersebut telah dibongkar.

Perluasan selesai pada bulan September. Pada saat itu, total area sekitar 4,94 hektar, dengan kapasitas bangunan 5,22 hektar.

Li mengatakan perluasan besar-besaran yang tiba-tiba terjadi setelah Sekretaris PKT Xinjiang saat ini, Chen Quanguo, pejabat yang dianggap bertanggung jawab atas penindasan kaum Uighur yang tiba-tiba meningkat, mulai berkuasa di sana pada Agustus 2016.

Bangunan-bangunan di dalam area tersebut memiliki kepadatan yang sangat tinggi. Tidak hanya ada tembok-tembok penutup di luar kamp, tetapi banyak tembok-tembok pemisah di dalamnya. Banyak fasilitas seperti tempat-tempat berlindung para penjaga juga dapat terlihat di dalamnya. Jadi Li menyimpulkan bahwa situs tersebut bisa menjadi kamp pendidikan ulang.

PERTUMBUHAN PRODUKSI SEMEN TERTINGGI

Li percaya bahwa peningkatan angka-angka produksi semen telah menguatkan adanya pembangunan penjara dan kamp-kamp pendidikan ulang di Xinjiang.

Menurut Biro Statistik Nasional Tiongkok, produksi semen di Tiongkok pada tahun 2017 menurun 0,2 persen dari tahun 2016. Namun, produksi semen di Xinjiang meningkat sekitar 13 persen pada tahun yang sama, yang merupakan tingkat pertumbuhan tertinggi di antara 31 provinsi dan kota-kota di bawah kontrol langsung dari pemerintah pusat.

Sementara produksi semen bulanan pada Desember 2017 untuk semua Tiongkok turun 2,2 persen, produksi Xinjiang melonjak sekitar 65 persen, yang juga tertinggi di antara semua 31 provinsi dan kota, dan jauh lebih tinggi dibanding daerah dengan urutan pertumbuhan tertinggi yang kedua, yaitu Provinsi Liaoning hampir 17 persen.

Sembilan belas provinsi dan kota dari 31 mengalami pertumbuhan negatif pada bulan Desember 2017; 20 provinsi dan kota mengalami pertumbuhan negatif pada 2017.

PRODUKSI BAJA MENDADAK MELONJAK

Produksi baja Xinjiang cocok dengan pola yang sama, kata Li.

Sejak Xi Jinping mengambil alih kekuasaan pada tahun 2012, produksi baja di Xinjiang telah jatuh, kecuali untuk tahun 2016, sesaat mengalami sedikit kenaikan. Namun, pada tahun 2017, produksi baja Xinjiang melonjak hampir 28 persen, dengan pertumbuhan Desember sekitar 43 persen.

Li mengatakan peningkatan mendadak dalam produksi semen dan baja tersebut berkorelasi dengan perluasan atau pembangunan besar-besaran penjara-penjara dan kamp-kamp pendidikan ulang di Xinjiang.

KESIMPULAN

Dengan menambahkan total kapasitas pembangunan untuk penjara dan kamp pendidikan ulang, Li sampai pada kesimpulan sebagai berikut:

• Total perkiraan kapasitas bangunan untuk 19 penjara adalah 142,05 hektar, dan diperkirakan 106,03 hektar dibangun setelah tahun 2017, yang setara dengan 74,45 persen dari total.

• Perkiraan total kapasitas bangunan di 15 kamp pendidikan ulang yang memungkinkan adalah 108,86 hektar. Dan, kecuali satu kamp, mereka semua muncul setelah Oktober 2016, dua bulan setelah Chen menjabat di Xinjiang.

• Penjara-penjara yang tersembunyi di dalam peternakan, dan tanpa tembok-tembok tinggi, yang menutupi atau menara-menara pengawas tidak dapat ditemukan dengan kriteria di atas. Oleh karena itu, jumlah penjara yang sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

• Kamp-kamp pendidikan ulang yang tersembunyi di dalam bangunan-bangunan besar yang tertutup, seperti pasar-pasar besar, gedung-gedung di tepi perbatasan, fasilitas-fasilitas bawah tanah, atau tempat-tempat penyimpanan bom, tidak dapat ditemukan dengan kriteria di atas. Oleh karena itu, jumlah aktual kamp pendidikan ulang mungkin jauh lebih tinggi.

• Total kapasitas pembangunan 19 penjara dan 15 kamp pendidikan ulang kemungkinan adalah 250,91 hektar. Menurut standar Hong Kong, rata-rata ruang hidup untuk setiap tahanan adalah 4,66 meter persegi. Standar Tiongkok tidak diketahui. Namun, dengan menggunakan area rata-rata lima meter persegi, dengan perhitungan kasar, 250,91 hektar bangunan dapat menampung setengah juta orang.

• Jika setengah juta orang dipenjara di Kashgar, itu berarti 12 persen dari seluruh populasi di wilayah tersebut berada di penjara atau kamp pendidikan ulang. Jika 12 persen populasi Xinjiang berada di penjara atau kamp pendidikan ulang, itu sama dengan 1,36 juta orang yang ditahan, atau jauh lebih besar dari perkiraan PBB pada bulan Oktober bahwa satu juta warga Uighur sedang ditahan. (ran)

bukti penjara xinjiang yang menahan muslim uighur di xinjiang tiongkok
Tabel dengan informasi tentang penjara-penjara di Prefektur Kashgar, Provinsi Xinjiang, diidentifikasi oleh Li Fang. (Cuplikan Layar / Li Fang Facebook)
penahanan muslim uighur di penjara dan kamp pendidikan ulang di xinjiang tiongkok
Tabel dengan informasi tentang kemungkinan kamp-kamp pendidikan ulang yang diidentifikasi oleh Li Fang. (Cuplikan Layar / Li Fang Facebook)

Rekomendasi video:

Sejuta Lebih Muslim Uighur Hilang Keberadaannya

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds