Erabaru.net. Insomnia biasanya dianggap sebagai gangguan bagi orang yang sulit untuk tidur. Tapi tidak hanya tidur yang bisa menjadi masalah bagi orang-orang insomnia. Pada kenyataannya, banyak orang insomnia memiliki sedikit kesulitan untuk tidur, tapi mereka terbangun di waktu tengah malam dan sulit untuk kembali tidur.

Berikut beberapa alasan Anda mungkin terbangun di tengah malam tapi sulit untuk tidur kembali.

Kesehatan mental

Orang yang mengalami stres, depresi dan masalah kesehatan mental lainnya sering merasakan kesulitan untuk tidur dan tidur pulas. Jika Anda tidak memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya untuk susah tidur, ada kemungkinan yang mendasari Anda terbangun di tengah malam adalah karena stres.

Obat

Obat stimulan dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Obat resep untuk mengatasi masalah jantung, tiroid serta asma dapat berdampak pada pola tidur Anda, sehingga dapat menyebabkan Anda terbangun di tengah malam.

Jika Anda khawatir tentang kebiasaan tidur ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda dan meminta resep yang sesuai kondisi tidur serta kesehatan Anda.

Terlalu banyak cahaya

Terlalu banyak cahaya dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari. Hal ini dapat membuat Anda mudah terbangun, akibat banyaknya cahaya yang masuk melalui tirai jendela kamar Anda. Pastikan Anda menggunakan tirai yang dapat menahan pencahayaan sebanyak mungkin serta mengaktifkan jam alarm jauh dari tempat tidur Anda.

Mendaptkan tidur siang yang berlebihan

Mendapatkan istirahat dan tidur disiang hari sejenak adalah baik, untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, jika terlalu banyak tidur siang dapat berdampak tidak baik juga . Hal ini dapat membuat Anda gelisah saat tidur, sehingga membuat Anda menjadi mudah berbangun di malam hari.

Anda disarankan sebaiknya dapat membatasi waktu untuk tidur siang, hanya 1 jam saja, dan tidak mengambil tidur siang setelah jam 3 sore.

Minuman beralkohol

Minuman alkohol dapat membuat Anda mabuk dan tertidur juga. Banyak orang menggunakan alkohol dalam jumlah kecil sebagai cara mudah untuk tidur. Namun, dengan cara ini Anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan optimal.

Penelitian menunjukkan, bahwa semakin Anda mengonsumsi minuman beralkohol, maka semakin buruk pula pengaruh alkohol pada kualitas tidur Anda, sehingga memperpendek waktu tidur optimal Anda.

Alkohol dapat membuat sistem metabolisme tubuh cenderung mengalami berbagai masalah tidur seperti apnea dan sebagainya, juga membuat Anda mudah terbangun di malam hari.

Suhu kamar terlalu dingin

Sangat yaman untuk tertidur dalam kamar yang sejuk. Dan, tentu, ruang dingin dapat membuat lebih mudah untuk tidur -tetapi tidak membantu Anda tetap tertidur. Ketika ruangan terlalu dingin, itu benar-benar dapat menyebabkan Anda terbangun di tengah malam. Idealnya, kamar Anda harus berada pada suhu sejuk tidak terlalu dingin.

Usia

Penelitian menunjukkan bahwa usia seseorang, mempunyai pengaruh yang besar terhadap kualitas tidur yang dimiliki. Dengan usia yang semakin tua dan menua, maka semakin sedikit waktu tidur yang dibutuhkannya sehingga, semakin besar kemungkinan Anda untuk terbangun ditengah malam juga.

Umumnya, kaum wanita yang banyak mengalami masalah tidur ini akibat bertambahnya usia, khususnya bagi wanita yang mengalami menopause.

Gangguan kesehatan yang mendasari

Orang yang menderita sakit kronis, masalah jantung, gangguan saraf, diabetes dan lain-lain sering mengalami gangguan tidur dan terbangun di malam hari.

Jika Anda berpikir bahwa masalah tidur Anda berhubungan dengan masalah kesehatan yang mendasarinya, segera berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memperbaikinya dan mendaptkan perawatan yang spesifik.(Anai)

Share

Video Popular