Erabaru.net. Kunci kesejahteraan anak-anak bukan hanya kesehatan fisik, tetapi juga, yang penting, kesehatan psikologis. Itulah sebabnya sangat penting untuk selalu memperhatikan kata-kata yang disampaikan kepada anak-anak dan untuk menghindari kemarahan atau kekesalan, yang akan membuat kita mengatakan hal-hal yang nantinya bisa menciderai psikologis anak.

Ketika membesarkan anak-anak, orangtua harus selalu peka dan menghindari kesalahpahaman, itulah sebabnya 5 frasa negatif ini harus dihapus dari kosakata secara definitif.

Berikuta adalah 5 frasa yang bisa merusak kehidupan anak:

1. “Saat aku seusiamu …”

(Foto: SpeedKingz / Shutterstock.com)

Perbandingan ini sangat negatif, karena setiap anak unik dan tentunya tidak boleh meniru atau mencoba meniru prestasi orangtua mereka.

2. “Aku tahu ia lebih baik daripada kamu”

(Foto: Topgun Studio / Shutterstock.com)

Setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak mereka, tetapi niat ini terkadang membuat anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk memiliki pengalaman mereka sendiri dan dalam beberapa kasus, untuk membuat kesalahan mereka sendiri.

3. “Sudah ayah/ibu katakan…”

(Foto: Antonio Guillem / Shutterstock.com)

Dengan ungkapan ini, seorang ayah atau ibu tidak membuktikan otoritasnya, ia hanya mengatakan bahwa pendapat putranya tidak penting. Hal terbaik adalah mengajar anak-anak, dengan argumen yang meyakinkan, alasan untuk berbagai hal.

4. “Biarkan ayah/ibu yang melakukannya”

(Foto: Evgeniy Kalinovskiy / Shutterstock.com)

Mungkin lebih mudah dan lebih cepat untuk memutuskan untuk mengikat kepang anak dan tidak memberi anak kesempatan belajar, tetapi ini tidak benar. Anak-anak harus belajar menyelesaikan masalah mereka dan diberi selamat untuk mencapainya.

5. “Kamu tidak akan bisa …”

(Foto: Alfira / Shutterstock.com)

Jangan membuat anak melakukan hal-hal hanya dengan kondisi yang sudah ditentukan sebelumnya atau “negosiasi”. Perilaku ini membuat mereka, dalam jangka panjang, terbiasa tidak melakukan apa-apa jika tidak ada hadiah.

Banyak orangtua menggunakan frasa ini dengan cara yang hampir otomatis. Sudah saatnya untuk mulai menghindari mereka, karena dampaknya pada anak-anak adalah negatif dan lebih baik untuk menemukan alternatif yang lebih positif. Pernahkah Anda menggunakan ungkapan-ungkapan ini dengan anak-anak Anda?(yant)

Sumber: fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds