- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Menakjubkan Paus Besar Bermain dengan Perahu dan Penumpangnya

Erabaru.net. Paus adalah makhluk yang cukup spektakuler. Mereka adalah hewan terbesar di Bumi dan umumnya tidak peduli dengan manusia, untuk paus abu-abu ini, bagaimanapun, tidak ada masalah dengan orang-orang di sekitarnya, paus yang satu ini hanya ingin nyaman dan berteman. Tonton video yang luar biasa ini.

Rekaman itu diambil oleh Charles Harmer dan Mike Nulty, dua fotografer laut yang berada di perahu ketika paus abu-abu memutuskan untuk berteman dengan beberapa manusia.

Hewan air besar itu berenang tepat ke sisi kapal mereka dan memungkinkan orang untuk mengelusnya di sisinya, bahkan membungkuk dan tampak memberi paus sedikit ciuman. Paus abu-abu bukanlah ikan terbesar di laut, tetapi tidak terlalu jauh dengan yang terbesar. Mereka dapat tumbuh sepanjang 15 meter dan berat 36 ton, yang sangat besar menurut standar siapa pun.

Paus abu-abu hidup di Samudera Pasifik bagian Utara, di sepanjang pantai barat Amerika Utara, namun selain itu mereka juga memiliki salah satu rentang migrasi terluas dari hewan apa pun di Bumi dan dengan demikian dapat ditemukan di petak besar Samudra Pasifik, dan bukan sekedar di Amerika Utara.

[1]

Mereka akan melakukan perjalanan sejauh 22.000 kilometer dalam satu siklus migrasi dan penampakan telah dicatat di lokasi yang sangat beragam seperti Namibia, di lepas pantai Afrika Selatan pada tahun 2013 – yang pertama kali terlihat di Belahan Bumi Selatan – dan Israel, menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk berenang ke Laut Mediterania.

Ikan paus telah diburu oleh pemburu paus – predator mereka adalah manusia dan paus pembunuh – meskipun saat ini perburuan terhadap paus adalah ilegal. Mereka pernah tinggal di Atlantik Utara serta Pasifik, tetapi diburu sampai nyaris punah dari abad 17 dan 18. Manusia juga hampir memusnahkan spesies dari Pasifik timur ini, di mana penangkap paus Jepang dan Korea telah mengurangi jumlahnya menjadi kurang dari 200 ekor saja.

[2]

Ada sekitar 26.000 paus abu-abu di sisi barat Samudra Pasifik.

Perburuan paus paus abu-abu hanya diizinkan dalam keadaan yang sangat terkontrol dan oleh penduduk asli Pantai Pasifik Amerika Utara.

Penduduk asli Alaska baru-baru ini menimbulkan kontroversi dengan membunuh paus abu-abu, dengan alasan bahwa mereka salah mengira hewan itu adalah paus Beluga, yang diizinkan untuk dibunuh oleh mereka. (rpg)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi: