Erabaru.net. Australia dilanda gelombang panas setelah bagian New South Wales, Victoria dan Australia Selatan mencatat suhu di atas 40 derajat Celcius, dan Pilbara di barat laut mencatat suhu tertinggi 49 derajat Celcius.

Media Australia melaporkan bahwa departemen meteorologi setempat mengeluarkan peringatan bahwa cuaca panas 40 derajat Celcius atau lebih akan berlanjut hingga minggu depan, mengingatkan masyarakat untuk minum air yang cukup, menghindari paparan sinar Matahari, mengenakan pakaian cerah dan tipis, dan tinggal di tempat yang dingin dan pendingin udara.

Pihak berwenang menegaskan bahwa suhu tinggi saat ini adalah 10 derajat Celcius hingga 14 derajat Celcius lebih tinggi dari suhu rata-rata, dan larangan pembakaran terbuka dikeluarkan di beberapa daerah.

Pihak berwenang memperkirakan cuaca ekstrem dapat berlanjut hingga awal 2019, mengancam ekologi margasatwa. Ribuan hewan mati karena dehidrasi tahun ini.

Cuaca panas Australia di musim panas, suhu Queensland mencapai 40 derajat Celcius, suhu Townsville bahkan mencapai 45 derajat Celcius, mengakibatkan banyak hewan kepanasam menderita dehidrasi dan mati!

Laporan komprehensif dari media Australia melaporkan bahwa seorang wanita di Edmonton, Queensland, terkejut melihat kira-kira 5.500 kelelawar di halaman rumahnya, dan bau busuk yang kuat di mana-mana. Dia memutuskan untuk segera memberi tahu pihak berwenang dan tinggal di hotel selama beberapa hari, dan tidak berani pulang.

Dia mengatakan bahwa ketika dia mengingat kejadian itu, dia masih ketakutan. Dia melihat banyak bangkai yang membusuk, dan di jalanan juga penuh kelelawar. Banyak kelompok sukarelawan datang untuk membantu otoritas membersihkan dan melancarkan operasi penyelamatan kelelawar.

Penyelidik menemukan bahwa kelelawar mati karena dehidrasi, kelelawar menggantung di pohon dan jatuh saat tidur. Ini membuat kelelawar tidak mampu mendeteksi gelombang panas, menyebabkan reaksi lambat, dehidrasi, tidak bisa bergerak, dan akhirnya mati.

Menurut laporan, petugas pemadam kebakaran juga berpartisipasi dalam operasi penyelamatan kelelawar, menggunakan pipa air untuk membantu mendinginkan kelelawar di pohon, dan pelestari alam liar setempat berhasil menyelamatkan sekitar 500 kelelawar yang baru lahir.

Gelombang panas yang menyerang Australia telah mempengaruhi banyak satwa liar, sehingga kanguru terlihat melompat ke laut, sungai dan kolam untuk mendinginkan.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular