Oleh: Wang Zhi Han

Erabaru.net. Chia Seed dalam beberapa tahun terakhir naik daun di seluruh dunia sebagai superfood karena nilai gizinya yang tinggi.   Chia Seed mengandung protein, mangan, fosfor, antioksidan, asam lemak  Omega-3 dan tinggi sumber serat yang baik, tetapi juga cocok untuk vegetarian dan orang-orang yang alergi terhadap gluten.

Chia seed dapat dimakan utuh atau ditumbuk menjadi bubuk, juga dapat ditambah air dikonsumsi sebagai jelly, dapat juga ditambahkan ke berbagai makanan, pemakaiannya sangat fleksibel.

Dahulu Chia seed adalah makanan pokok suku Maya. Menurut legenda ketika  prajurit Aztec pergi berburu, bertempur,  Chia seed dikonsumsi untuk menambah kekuatan. Hal itu karena nutrisi yang terkandung dalam Chia seed sangat tinggi.

Chia Seed memiliki karakteristik mengembang ketika ditaruh di air dan berserat tinggi, dan karena itu menjadi populer menjadi makanan penurunan berat badan dan produk kecantikan.

Selain sebagai bahan makan penurun berat badan, Chia seed juga merupakan superfood dalam kehidupan. Huffingtonpost menyusun dan menganalisis beberapa kegunaan dari Chia Seed:

  1. Dapat menggantikan telur

Chia  seed mudah menyerap cairan di dalam tubuh, sehingga sangat baik sebagai pengganti telur, dan karena dapat menyerap air dalam jumlah besar sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang.

  1. Meningkatkan konsentrasi sup

Chia Seed yang direndam semalaman ditambahkan  ke rebusan sup, meningkatkan kekentalan sup.

  1. Ditambahkan ke dalam tepung

Gluten juga dikenal sebagai protein gluten terutama terdiri dari komposisi glutenin dan gliadin, hadir terkandung dalam gandum seperti biji-bijian, barley dan rye. Ada sebagian kecil orang yang memakannya akan alergi dan bahkan bisa diare. Pada saat ini dapat menambahkan tepung chia seed kedalam tepung bebas gluten, dijadikan sebagai adonan.

  1. Dibuat menjadi jelly atau selai buah

Blender Blueberry, raspberry atau stroberi  kemudian dicampur dengan tepung Chia seed,  dibuat menjadi jelly  atau selai buah.

  1. Dibuat puding

Masukkan Chia Seed  ke dalam susu, kemudian tambahkan buah dan gula cair, dikocok dan didiamkan selama 15 menit, kemudian kocok sebentar lagi setelah masukkan ke dalam kulkas, setelah keesokan harinya akan menjadi pudding susu chia seed yang dingin dan menyegarkan.

  1. Penyubur rambut buatan sendiri

Ada dua cara perawatan rambut:

  • 2 sendok teh Chia seed ditambahkan secangkir air, diamkan 10 menit sampai Chia seed mengembang, ditambahkan 1 sendok teh jus lemon diaduk rata, dan kemudian ditaruh sampai merata di rambut.
  • 1 sendok teh chia seed ditambah 1/4 cangkir susu almond atau santan kelapa, diamkan 10 menit sampai chia seed mengembang, kemudian mengolesi pada rambut diamkan selama 10 menit, dan kemudian cuci bersih dengan air.
  1. Ditaruh di atas sarapan

Chia seed adalah makanan sehat, dapat ditaruh dalam sereal sarapan, yogurt, atau taburkan di atas muffin.

  1. Penambah rasa pada roti

Campurkan chia seed dalam tepung terigu, dan kacang-kacangan dibuat menjadi roti.

  1. Ditambahkan dalam saus barbeque supaya kental

Tepung Chia seed ditambahkan air menjadi gel, masukkan kedalam saus barbekyu supaya saus menjadi kental.

  1. Diblender halus menjadi masker wajah

1/2 cangkir minyak kelapa, ditambah 1 sdm air jeruk nipis dan 1 sdm Chia seed, setelah diblender diamkan selama 2 menit dan kemudian oleskan ke wajah sebagai krim exfoliating, setelah kering bersihkan dengan aduk basah kemudian cuci dengan air hangat. (Christina/rmat)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular