Erabaru.net. Rambut uban terkadang tidak dapat dihindari. Semakin kita tua, semakin uban itu bermunculan. Seperti ditulis brightside.me, namun demikian jika Anda melihat rambut beruban di atas kepala ibagi yang belum berusia 30 tahun, itu bisa jadi pertanda yang serius!


Berikut antaranya penyebab rambut beruban sebelum berumur 30 tahun :

Penyakit Jantung


Jika Anda pria dan menemukan rambut Anda semakin beruban, silakan membuat pemeriksaan dengan dokter spesialis jantung. Ini karena gejala ini sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung ischemic.

IHD tidak menunjukkan banyak gejala lain pada tahap awal, jadi jika itu terjadi pada Anda, silakan konsultasikan dengan dokter segera.
Akumulasi Peroksida

Folikel rambut sering mengeluarkan sedikit jumlah hidrogen peroksida. Namun, ketika itu menumpuk dan berakumulasi, maka akan melunturkan warna rambut. Kondisi ini dapat diobati dengan senyawa UVB yang diaktifkan, yang turut digunakan untuk mengobati penyakit pigmentasi kulit.

Kurang vitamin D3 dan B12

Untuk mengurangi rambut uban, Anda bisa mengadopsi diet seimbang. Kurangnya vitamin D3 akan menyebabkan melanin yang terkikis dan mengakibatkan warna kulit dan rambut kusam. Begitu juga jika Anda kurang vitamin B12.

Merokok

Kebiasaan merokok akan menyebabkan Anda lebih cepat memperoleh rambut uban dibandingkan orang lain yang tidak merokok. Kebiasaan ini juga akan menyebabkan rambut Anda mudah rontok.

Namun kadangkala, munculnya uban tidak ada hubungannya dengan masalah kesehatan. Ada kemungkinan ia berkait dengan genetik. Misalnya, jika orang tua Anda juga memiliki rambut beruban sebelum berumur 30 tahun, kemungkinan rambut uban di kepala Anda disebabkan oleh faktor genetik. (Erabaru.com.my/asr)

VIDEO REKOMENDASI

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular