Oleh: Li Yang

Erabaru.net. Gunung es super besar yang hanyut dari kutub utara, seakan raksasa yang tiba-tiba muncul di sebuah kota kecil Kanada. Di Newfoundland baru-baru ini sebuah gunung es terbesar yang hanyut  ke pantai timur, dilaporkan hingga mencapai 40 meter lebih.

Pemandangan membuat warga setempat terkagum-kagum, ratusan orang berbondong-bondong “Nobar (nonton bareng) Gunung”, sehingga menjadi pemandangan dan tempat wisata di kota kecil setempat.

Biasanya volume sebuah gunung es seperti ini 90% tenggelam di bawah air, hanya sebagian saja yang muncul di permukaan laut (ingat ungkapan: puncak gunung es). Oleh karena itu, ketika mengambang di laut, mereka bisa secara perlahan bisa terhempas dan kandas di pantai dangkal.

Karena gunung es di Newfoundland termasuk pemandangan umum, maka warga setempat suka memberi nama masing-masing gunung es itu seperti – vodka, gin, rum, bir, dan lain-lain. Anda mungkin bisa menebak dari nama yang berbeda dalam bentuk yang berbeda dari karakter gunung es tersebut.

Tahun ini aktivitas “Iceberg Alley” sangat sibuk, jumlah gunung es Atlantik di tahun ini lebih banyak dari biasanya.

Para ahli berpendapat bahwa fenomena ini diakibatkan oleh angin yang luar biasa kuat dari arah yang berlawanan, sehingga begitu banyak gunung es Kutub Utara mengembara ke selatan.

Mungkin itu bisa juga terjadi karena pemanasan global, yang telah mempercepat melumernya gletser yang menutupi pulau Greenland.  (hui/whs/rmat)

VIDEO REKOMENDASI

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular