Erabaru.net. Ketika kita berbicara tentang kesehatan, kebanyakan orang cenderung berpikir : Membeli pakaian olahraga yang khusus, peralatan fitness, makanan yang sesuai dengan resep kesehatan atau mengurangi jajanan. Para ahli di health.com memberikan panduan beberapa hal sederhana yang sering kita jumpai dalam keseharian untuk mencapai kualitas kesehatan yang lebih baik.

Sepatu lari / jogging

Kebanyakan sepatu untuk lari / jogging hanya digunakan untuk berlari sejauh 300 – 400 mil (483 – 644 km). Bila Anda berlari sejauh 30 mil (48 km) per minggu, maka kita harus mendapatkan sepatu baru setiap 3 bulan. Anda mungkin berpikir bahwa lapisan bawah sepatunya masih tampak baik, tetapi sebenarnya ia sudah kehilangan fungsi penyangganya, sehingga meningkatkan risiko cedera karena getaran yang timbul ketika berlari dapat langsung ditransmisikan ke otot-otot, tulang dan tendon.

Perlengkapan rias wanita

Maskara yang sudah lama tersimpan di tempat yang lembab memberi kesempatan kepada bakteri untuk berkembang biak. Maskara sebaiknya hanya digunakan selama 3 bulan untuk menghindari bakteri masuk ke mata melalui bulu mata. Krim matahari juga harus dibuang setelah masa berlakunya habis, karena fungsi pelindung kulitnya sudah berkurang. Lipstick lama karena sering berkontak dengan bibir dan memungkinkan berkontak dengan bakteri, dapat meningkatkan risiko infeksi. Lipstick baru pun sebaiknya tidak digunakan melebihi 6 bulan.  Wadah yang terbuat dari bahan plastik

Wadah yang terbuat dari bahan plastik bila sudah dipakai lama mungkin sudah mengandung BPA (bisphenol A). Makanan yang tersimpan dalam wadah itu bisa berpengaruh terhadap  perkembangan anak dan sistem saraf manusia. Walaupun wadah baru jenis ini sudah mencantumkan label tanpa BPA, juga tidak baik digunakan untuk pemanasan atau digunakan di dalam microwave. Wadah yang terbuat dari kaca lebih aman digunakan di microwave.

Pakaian

Sebagian orang berpendapat bahwa pakaian yang tidak bisa digunakan karena masalah kegemukan, masih ingin disimpan dalam lemari sebagai motivator untuk menguruskan badan. Rupanya penelitian membuktikan hasil yang sebaliknya. Pakaian itu justru membuat yang bersangkutan lebih depresi. Jadi lebih baik disingkirkan saja, hadapi kenyataan dan coba merumuskan rencana penurunan berat badan yang lebih sehat. Bra wanita yang sudah lama sudah kehilangan elastisitas secara bertahap, sehingga menurunkan daya penyangga dada, itu juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan wanita.

Minuman

Di pasar banyak dijual minuman rendah kalori, bahkan ada yang mengklaim nol kalori. Pemanis bebas kalori ‘aspartam’ dan sebagainya mungkin dapat merugikan kesehatan dan metabolisme saluran usus. Kasus yang parah bisa menyebabkan penyakit diabetes tipe 2.

Dapur

Sisa makanan dalam lemari es yang sudah melebihi 2 hari sudah tidak segar lagi. Lebih-lebih bila itu adalah makanan daging-dagingan. Bakteri listeria dapat menyebabkan meningitis, keguguran atau bahkan kematian. Bumbu rempah-rempah juga jangan disimpan terlalu lama karena rasanya akan berkurang.

Bakteri paling mungkin berkembang biak di spon dapur, sehingga perlu sering diganti.

Sikat gigi

Bila Anda terbiasa dengan menyikat gigi 2 kali sehari, dapat dipastikan keausan bulu sikat akan terjadi lebih cepat dari dugaan Anda. Menurut Asosiasi Kedokteran Gigi Amerika bahwa bulu sikat gigi setelah digunakan selama 2 bulan akan mulai aus sehingga fungsinya akan menurun, maka dianjurkan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan.

Ponsel

Baik ponsel, tablet atau video games yang sering dipakai orang untuk mengisi waktu senggang, pada kenyataannya malahan membuat orang makin menjemukan, menimbulkan rasa depresi dan kecemasan. Sebaiknya berhenti bermain untuk suatu periode, dan menggantikannya dengan aktivitas di luar ruang seperti menghubungi teman, pergi berjalan-jalan ….. membuat diri tidak kesepian.

Tempat duduk

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang duduk rata-rata 7.7 jam sehari. Ada yang bahkan sampai 15 jam. Duduk lama bisa mengganggu sistem metabolisme, menyebabkan obesitas, diabetes, hipertensi dan depresi. Ia mempunyai pengaruh terhadap kesehatan yang tidak kecil meskipun Anda menghabiskan banyak waktu di ruang gym, namun duduk lama tetap akan memengaruhi kesehatan Anda. Coba lebih sering meninggalkan tempat duduk, melakukan peregangan otot setidaknya untuk meningkatkan sirkulasi darah yang akan membantu memperbaiki kesehatan.(Sin/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular